Pasific Pos.com
Papua Barat

Laporan Pengelolaan Dana Desa di Distrik Manokwari Utara Sudah Selesai

Manokwari, TP –  Kepala Distrik Manokwari Utara, Yusak Dowansiba memastikan bahwa kucuran dana desa (dandes) tahun anggaran 2018 untuk kampung dibawah pemerintahan Distrik Manokwari Selatan dapat diterima secara serentak oleh pemerintahan kampung.

          “ Dana desa dalam waktu dekat sudah dikucurkan pemerintah daerah, karena laporan pengelolaan anggaran sebelumnya dan rencana kegiatan tahun ini sudah selesai. Data itu sudah diserahkan ke dinas terkait,” kata Yusak seraya membenarkan kepada Tabura Pos bahwa dana desa tahun ini belum cair, Jumat (6/7).

Dikemukakan Yusak, khususnya penggunaan dana desa di wilayah di Distrik Manokwari Utara difokuskan untuk menjawab kebutuhan sarana dan prasana masyarakat. Namun sebelum pelaksanaannya terlebih dahulu dimusyawarahkan di setiap kampung sehingga peruntukan dana desa tersebut tepat sasaran dan berdampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat.

     “ Kalau besaran dana desa yang diterima setiap kampung hampir merata besarannya sekitar Rp 700 juta rupiah per kampung,” ungkap Yusak di sela –sela melakukan pertemuan dengan sejumlah kepala kampung dan staf Distrik Manokwari Utara.

Ia menjelaskan, dalam pembuatan rencana kerja dan laporan pertanggung jawabannya dilakukan sesuai hasil musyawarah warga kampung dengan apara kampung dan didampingi oleh tenaga ahli pendamping distrik dan tenaga pendamping lokal.

     “ Sesuai keinginan warga, hampir semua kampung di Manokwari Utara sepakat akan menggunakan sebagian besar dana desa  itu untuk pembangunan rumah warga dan fasilitas kampung lainnya. Kenapa ?, karena masih banyak kepala keluarga belum memiliki rumah tinggal,” terangnya.

Disinggung soal mekanisme pengawasan yang dilakukan pemerintah Distrik Manokwari Utara terhadap pengelolaan dana desa itu, Yusak memastikan bahwa seluruh dana desa telah digunakan sesuai rencana kerja yang telah dimusyawarakan bersama masyarakat.

“ Kalau pengawasan yang dilakukan distrik langsung dilakukan pegawai distrik bidang pemberdayaan masyarakat, mereka secara langsung melakukan pendampingan terhadap aparat kampung.  Mereka harus memastikan semua berjalan sesuai yang direncanakan untuk memenuhi harapan warga kampung di wilayah Manokwari Utara. [CR49-R2]