Pasific Pos.com
Papua Barat

Lantik Remas An Nur Ransiki, Wiyono Ingatkan Akhlak dan Kaderisasi Pemuda Muslim

Ransiki,TP – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ransiki Wagimin Wiyono, mengingatkan agar para pengurus mesjid memperhatikan akhlak dan perilaku yang mencotohi akhlak dan perilaku seorang muslim.

Pesan itu disampaikannya saat menghadiri pelantik pemuda remaja mesjid (remas) An-Nur, di Periode 2018-2022 Desa Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), baru-baru ini.

“Aktivitas remaja masjid yang baik adalah dilakukan secara terencana dan bijaksana. Disamping itu juga melakukan sinergitas, metode, taktik dan teknik yang tepat, karena banyak jenis-jenis aktivitas remaja mesjid adalah berpartisipasi dalam memakmurkan mesjid, melakukan pembinaan remaja mesjid, serta kaderisasi pemuda muslim,” katanya.

Ia menjelaskan, menjadi Remas merupakan pekerjaan yang mulia, karena termasuk orang-orang yang memakmurkan dan memuliahkan rumah Allah SWT.

“Remas adalah tempat dimana lingkungan yang berperan pembentukan pribadi akhlak pemuda muslim, sebab bila bergaul dengan lingkungan yang salah maka karakter yang terbentuk juga salah sebab lingkungan yang dibutuhkan pemuda adalah lingkungan yang islami dan positif,” jelasnya seraya menambahkan menjadi anak yang shalih adalah dambaan semua orang tua.

Ia berpesan agar Remas yang baru dilantik menjalin hubungan baik antara ta’mir mesjid yang mengurus semua kegiatan organisasi yang berkaitan dengan mesjid.

“Hari ini kita sama-sama menyaksikan pelantikan remaja mesjid, semoga dengan dilantiknya remaja mesjid menjadi titik tolak ukur untuk dapat menentukan jati dirinya sebagai remaja mesjid. Semoga kita dapat menjalankan syariat islam di tempat yang kita tempati ini dan di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Bhineka Tungga Ika walaupun berbagai maca golongan, suku dan ras namun kita telah dapat disatukan,” pesan dia.

Pelantikan Remas An Nur periode 2018-2022 di Mesjid An Nur turut dihadiri selaku Wakil Ketua MUI Kabupaten Mansel, Ustd. Muntasor,S.Pd Ketua KUA Ransiki, Ketua MUI Distrik Ransiki, Wagimin Wiyono (Penasehat), Zakir Daeng Dai Ketua Majelis Pertimbangan.

Pelantikan mengambil thema melalui pemuda remaja mesjid kita bentuk wadah kaderisasi sarana komunikasi dan wahana partisipasi dalam menumbuh kembangkan potensi generesi muda di Tanah Papua Ransiki. [CR35-R4]