Pasific Pos.com
Headline Pendidikan & Kesehatan

Laksanakan Gebyar Vaksinasi, DPD Gerindra Papua Kembali Gelar Vaksin Tahap ke II

Salah satu warga Sarmi saat mengikuti vaksin yang dilaksanakan oleh DPD Partai Gerindra Papua, Jumat 18 September 2021. (foto Tiara)

Jayapura – Terus berupaya hentikan penyebaran Covid-19, kini DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Papua kembali menggelar vaksinasi covid-19 tahap kedua, dengan bekerjasama Dinas Kesehatan Provinsi Papua, yang kegiatannya dilaksanakan di Posko Partai Gerindra, Tasangka Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Sabtu (18/09).

Yang sebelumnya, kegiatan vaksin tahap pertama diadakan di Kantor DPD Partai Gerindra, Padangbulan pada 17 Agustus 2021.

Kegiatan vaksinasi tahap kedua ini, selain dihadiri langsung Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Papua, Yanni, SH, juga dihadiri para Politisi Partai Gerindra, baik yang ada di Provinsi Papua, tapi juga dari Kabupaten Jayapura dan Sarmi.

“Ini vaksinasi kedua yang kami gelar. Kesadaran masyarakat sekarang untuk vaksin sudah sangat bagus, sehingga bagaimana instansi pemerintah bersama stakeholder lain bisa menggelar vaksinasi,” ungkap Yanni kepada Wartawan disela sela kegiatan vaksinasi covid-19 yang berlangsung di Posko Gerindra.

Bahkan, Srikandi Gerindra Papua ini mengatakan, jika kasus Covid-19 di Kota Jayapura khususnya dan Papua pada umumnya, cenderung melandai atau turun secara signifikan.

Kendati demikiam ujar Yanni, tetap harus melaksanakan imbauan dari pemerintah dengan cara mencegah melalui vaksin dan melaksanakan protokol kesehatan, serta jaga jarak, pakai masker dan selalu cuci tangan.

“Respon masyarakat sangat bagus sekali. Apalagi dengan adanya PON yang pelaksanaannya sudah di depan mata kita, tinggal beberapa hari lagi akan ada pembukaan, sehingga diharapkan jangan sampai ada klaster baru,” pesannya.

Yang jelas, tegas Yanni, jika vaksin Covid-19 ini aman dan halal untuk digunakan, sehingga tidak perlu takut. Untuk itu ia mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi.

“Jadi, jangan percaya dengan hoax. Saya sendiri sudah vaksin yang ketiga kali. Saya jadi saksi bahwa vaksin itu aman. Jika ada penyakit bawaan, pada saat discreening itu pasti akan dikasih tahu bahwa bapak ibu belum bisa divaksin. Jadi, tidak ada pemaksaan. Tapi, jika hati dan perasaan sudah tenang dan sudah siap, silahkan ikut vaksin karena ini semua demi kesehatan kita juga,” terangnya.

“Karena kita sendiri yang bisa jaga diri kita dari segala macam penyakit, bukan orang lain. Jadi mari sayangi diri kita, sayangi keluarga dan sayangi kita semua yang ada di atas Tanah Papua ini, khususnya yang ada di Bumi Cenderawasih ini,” timpalnya.

Sementara itu, Anggota DPR Papua, Natan Pahabol yang juga sebagai Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DPR Papua ini menambahkan, jika Partai Gerindra sudah kedua kali melakukan vaksinasi.

“Ada banyak partai yang diberi mandat oleh rakyat, tapi dalam situasi darurat ini, tidak banyak partai yang bisa mengambil bagian untuk rakyat, mungkin hanya beberapa partai saja. Salah satunya kami partai Gerindra. Untuk itu, Kami apresiasi kepada ibu Yanni sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Papua yang telah menggelar vaksinasi mulai tahap pertama sampai di tahap kedua ini, dengan tetap bekerjasama dengan Dinkes Papua,” ungkap Natan Pahabol.

Pada kesempatan ini juga, Natan pun mengungkapkan, jika vaksinasi kedua ini, telah disiapkan sebanyak 620 vaksin, lebih banyak dari vaksinasi sebelumnya yang hanya disediakan 320 vaksin.

Namun Natan berharap, dengan kegiatan vaksinasi ini, dapat mencegah Covid-19 di tengah – tengah masyarakat, dalam upaya menciptakan herd immunitas.

Sementara, Anggota DPR Kabupaten Jayapura, Basuki yang juga sebagai politisi Partai Gerindra, Basuki mengatakan, pada dasarnya kami sebagai partai politik, yang bukan partai kecil lagi dan ada dalam naungan partai besar yakni Parta Gerindra, sehingga sudah sewajarnya menyambut program pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi untuk bersama-sama bertanggungjawab memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Semoga dengan Gerindra ikut berpartisipasi dalam melakukan kegiatan vaksinasi ini, virus Corona bisa hilang di Bumi Cenderawasih ini. Apalagi, jika ini diikuti oleh semua pihak, maka saya kira dalam upaya pemberantasan virus Corona ini, tidak akan sulit. Meskipun virusnya mungkin belum hilang tapi setidaknya manusianya sudah kebal dengan virus tersebut,” tandas Basuki.

Masih ditempat yang sama, Wakil Ketua II DPR Kabupaten Sarmi, Marcos Kopong LB menambahkan, pada prisnipnya apa yang dilakukan Ketua DPD Partai Gerindra dalam kegiatan vaksinasi ini, akan juga diikuti di tingkat DPC Partai Gerindra.

“Kebetulan kami hadir dalam kegiatan vaksinasi tahap kedua ini, sehingga kami DPC-DPC akan melanjutkan apa yang sudah beliau (ibu Yanni) lakukan di provinsi, itu akan kami lakukan di kabupaten masing-masing. Kami akan balik ke kabupaten masing masing dan tetap akan menjalankan sesuai arahan dari beliau dan juga arahan dari bapak Prabowo Subianto,” tutup Politisi Gerindra Kabupaten Sarmi ini. ( Tiara).