Pasific Pos.com
Headline Pendidikan & Kesehatan

Kunjungi Yayasan MEP, Mensos Dukung Pengembangan SDM Papua

Mensos Tri Rismaharini saat berkunjung ke kantor Yayasan MEP.

Jayapura – Kota Jayapura menjadi kota pertama di luar Jawa yang dikunjungi Menteri Sosial RI, Tri Rismamaharani dalam agenda kunjungan kerjanya, Sabtu (7/8/2021).

Risma juga berkesempatan mengunjungi kantor Yayasan Maga Edukasi Papua (MEP) di Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura.

Risma bersama rombongan tiba di kantor Yayasan MEP sekitar pukul 13.30 WIT, disambut pengurus Yayasan dan staf serta para siswa dan guru.

Tampak hadir mendampingi Menteri Sosial, Dirjen Rehabilitasi Sosial, Harry Hikmat, Dirjen PFM, Asep Sasa Purnama, Staf Khusus Menteri Don Rozano, Luhur Budijarso, Suhadi Lili dan Doddi Madya, selain itu turut hadir bersama rombongan Menteri Sosial Pdt. Lipiyus Biniluk selaku tokoh masyarakat Papua.

Risma menyampaikan bahwa ia berkomitmen untuk mendukung dan membangun kerjasama bersama Yayasan MEP dalam pengembangan pelayanannya bagi masyarakat Papua, sebagai bagian dari upaya peningkatan kapasitas sumberdaya manusia Papua melalui pendidikan.

“Kami ingin membantu semampu kami untuk pengembangan Yayasan MEP khususnya dalam pelayanan di bidang pendidikan terutama untuk anak-anak, karena menurut saya, itu sangat penting,” ucap Risma.

“Selain nantinya kami juga akan mengembangkan program vokasional untuk anak-anak Papua bersama dengan Pdt. Lipiyus, karena tidak semua anak-anak Papua punya kemampuan yang sama dengan anak-anakku yang akan kuliah di luar negeri nanti,” ujarnya.

Risma menjelaskan bahwa ketika masih menjabat sebagai Walikota Surabaya ia telah melakukan beberapa kali kunjungan ke Papua dalam rangka pelatihan pengembangan SDM termasuk memfasilitasi program pelatihan ketrampilan bagi mama – mama asal Papua beberapa kali di Surabaya.

Ia kemudian mengajak para siswa PLI untuk peka pada lingkungan sekitar karena banyak maayarakat yang membutuhkan uluran tangan kita bersama.

Risma mengapresiasi para pengurus dan pengajar PLI yang merupakan salah satu unit operasi Yayasan MEP.

“Terima kasih Pak Samuel bersama segenap pengurus, dan juga terima kasih para dosen yang telah membina anak-anak kami sehingga mereka menjadi anak-anak luar biasa,” ucap Risma.

Mewakili Yayasan Maga Edukasi Papua, Founder dan CEO PLI Samuel Tabuni, Ketua Yayasan MEP Yoob Ginia, Managing Director PLI Korinus Waimbo, Academic Manager PLI Dr Willem Burung, Deputy Academic Manager Humanity & Social Studies Dr Izak Morin, Deputy Academic Manager Science & Mathematics Dr Yanne Ansanay, Deputy Academic Manager Student Counselor Pdt. Jimmy Koirewoa, Operational Manager Dolvinus Womsiwor beserta sejumlah pengurus, staf, guru dan siswa binaan PLI.

Founder sekaligus CEO Maga Edukasi Papua Samuel Tabuni, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan sukacita atas kunjungan Menteri Sosial RI di kantor MEP.

“Kehadiran Mama Menteri di tempat kami ini, menjadikan kami semakin semangat dan termotivasi untuk terus maju dalam melakukan pelayanan untuk turut meningkatkan SDM Papua melalui unit-unit operasional yang ada di bawah naungan Yayasan MEP, meski kami juga berhadapan dengan banyaknya tantangan,” ucap Samuel.

“Saat ini Mama berada di tengah generasi muda Papua yang sedang kami siapkan untuk menjadi pemimpin 10-20 tahun mendatang. Doa dari kami, anak-anak didik kami, beserta para orangtua semoga Mama terkasih senantiasa dalam kondisi sehat dan diberkati oleh Tuhan dalam menjalankan tugasnya,” lanjut Samuel.

Seluruh rangkaian acara ditutup dengan Doa bersama yang dipimpin langsung oleh Pdt. Lipiyus Biniluk. (Zul)