Pasific Pos.com
Papua Barat

Kualitas SDM Masih Rendah Hambat Pembangunan Kampung

Manokwari, TP – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Manokwari, Teguh B. Prakoso mengaku, sumber daya aparatur kampung masih menjadi faktor utama dalam mempercepat pembangunan di kampong khususnya dalam pengelolaan dana desa.

Menurutnya, SDM aparatur kampung di Manokwari, sebagian besarnya masih dibawah rata-rata, yang sangat berdampak pada pembangunan kampung, mulai dari tidak tahu baca dan tulis sampai tidak mengetahui jumlah warganya sendiri.

Dirinya mengaku, sempat mendapati sejumlah kepala kampung yang tidak mengetahui jumlah warganya sendiri. “Kemampuan SDM yang menyebabkan aparat kampung tidak mengetahui data jumlah penduduk maupun luas wilayah, padahal itu sangat penting, untuk menyusun profil kampung karena data itu harus diserahkan,” jelasnya kepada wartawan dalam sebuah kesempatan belum lama ini.

Teguh mengaku, upaya yang dilakukan untuk menekan semakin banyaknya aparat kampung yang tidak berkompeten, masih sebatas memberikan pelatihan dan bimbingan teknis.

“Bimbingan teknis dan peningkatan kapasitas setiap tahun selalu dilakukan untuk meningkatkan sumber daya aparatur di 164 kampung di Manokwari, namun SDM nya juga sangat menentu,” unkap Teguh.

Teguh menilai, untuk melakukan pembangunan seutuhnya di kampung yang menggunakan dana desa, proses pemilihan kepala kampung harus diubah. Sebab, selama ini penunjukan kepala kampung masih sistem warisan tanpa pemilihan.

“Masih menjadi momok sampe sekarang, karena ada kepala kampung yang mengklaim itu tanahnya dan itu kampungnya, sehingga dia harus jadi kepala kampun dan parahnya lagi, ada yang tidak bisa baca dan tulis,” ungkap Teguh.

Teguh menambahkan pemilihan kepala kampung yang masih dengan cara turun temurun akhirnya mengangkat kepala kampung yang tidak bisa baca dan tulis, tidak sepenuhnya salah, sebab masalah utamanya adalah SDM yang sampai saat ini masih menghambat pembangunan di kampung. [SDR-R3]