Pasific Pos.com
Headline Kriminal

KST Kembali Menebar Teror, Seorang Prajurit TNI di Intan Jaya Ditembak

Evakuasi korban penembakan oleh KST di Intan Jaya atas nama Prada Giyade Ramadhani Fattah pada Sabtu, 5 Februari 2022..

Jayapura – Kelompok Separatis Teroris (KST) terus menebar aksi teror dengan kembali menembak seorang Prajurit TNI atas nama Prada Giyade Ramadhani Fattah, Personel Satgas Kodim Yonif PR 328/DGH, di Pos Titigi, Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua pada Sabtu (5/2/2022).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga, S.H., M.H. dalam keterangannya usai kejadian.

Kolonel Aqsha menambahkan, aksi teror gerombolan KST tersebut dilakukan pada pagi hari pukul 08.30 WIT.

“Setelah ada informasi penembakan yang dilakukan KST, kemudian dua tim beranggotakan personel Satgas Kodim Yonif PR 328/DGH dari Pos Mamba tiba di Koramil 1705-08/Sugapa untuk melakukan evakuasi,” ujar Kapendam XVII/Cenderawasih.

Setibanya di Koramil 1705-08/Sugapa, Tim Evakuasi kemudian menuju Pos Titigi untuk membantu proses evakuasi dari Pos Titigi menuju Pos Kotis Mamba.

Selanjutnya Kapendam XVII/Cenderawasih mengungkapkan proses evakuasi menggunakan Heli TNI AU Caracal dan Penerbad Bell-412EP dari Hanggar Bandara Mozes Kilangin Timika. Setibanya Heli TNI AU di Bandara Bilorai Sugapa, Kab. Intan Jaya, kemudian korban langsung diterbangkan menuju Kab. Timika.

“Pukul 14.00 WIT, heli TNI AU yang mengevakuasi tiba di Helipad Lanud Y. Kapiyau Timika. Kemudian korban luka tembak segera dibawa menuju RSUD Kab. Mimika menggunakan ambulance untuk mendapat perawatan lebih intensif,” terangnya.

Terkait luka tembak yang dialami Prada Giyade Ramadhani F yang dilakukan KST, Kapendam menjelaskan bahwa luka tembak mengenai bagian pangkal paha kaki kanan tembus ke belakang dan saat ini dalam kondisi sadar.

“Mengenai bagaimana kronologis kejadian penembakan terhadap Prada Giyade Ramadhani F di pos Titigi masih dilakukan pendalaman,” pungkas Kolonel Inf Aqsha Erlangga.

“Mohon doanya semoga Prada Giyade Ramadhani segera pulih dan dapat bertugas kembali,” harap Kapendam XVII/Cenderawasih.