Pasific Pos.com
Headline Sosial & Politik

KPU Waropen Tetapkan 38.263 DPT Pilkada 2020

Pleno-DPT-KPU-01

“Tahapan Selanjutnya KPU Waropen Akan Mengelar Debat Kandidat”

Waropen – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Waropen akhirnya menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) setelah melakukan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan yang digelar di gedung pertemuan pemda Waropen, Pleno yang dibuka pada 15 Oktober 2020 kemarin sekitar pukul 11:00 WIT memakan Waktu cukup lama sehingga rapat ini selesai pada Pukul 1:15 dini hari, Jumat (16/10/20).

Ketua KPU Waropen Aleksander Wopari menyampaikan bahwa, rapat pleno berlangsung cukup lama, namun berjalan dengan baik, walaupun adanya beberapa kendala yang disampaikan oleh Panitia Pemilihan Distrik (PPD) terkait data pemilih baru yang harus dibuktikan dengan eKTP.

“Tadi malam kita rapat pleno sampai jam satu dini hari, dan telah ditetapkan DPT Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pilkada 2020, sebanyak 38.263 yang tersebar di 11 Distrik, hasil ini tidak jauh beda dengan Daftar pemilih sementara (DPS) sebelumnya”. Jelas Aleks kepada wartawan saat dihubungi via telepon.

Lanjut dikatakan, bawah hasil dari penetapan DPT tersebut, salinan berita acaranya telah diserahkan kepada, KPU melalui KPU Provinsi, Bawaslu, perwakilan Partai, tim Kampanye Paslon dan perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan pencatatan sipil. Dengan demikian Ia berharap hasil penetapan ini dapat diterima semua pihak.

“hasil ini sudah melalui tahapan verifikasi yang cukup lama, jadi semua pihak harus menerimanya karena rapat pleno ini telah dilakukan secara terbuka, dan semua pihak terkait mengikutinya”. Tandasnya.

Aleks menambahkan, tahapan selanjutnya setelah penetapan DPT, KPU Waropen, akan mempersiapkan debat kandidat yang rencananya akan dilakukan pada 24 Oktober mendatang sebagai debat pertama.

“Dalam masa kampanye 71 hari, sesuai dengan tahapan KPU akan dilakukan dua kali debat kandidat, untuk debat pertama akan dilangsungkan pada 24 Oktober mendatang”. Ucapnya.

Aleks menjelaskan bahwa pelaksanaan debat kandidat kali ini akan dilakukan secara terbatas susuai aturan yang tertuang dalam PKPU 13 terkait Protokol kesehatan.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa debat kandidat ini akan di follow up oleh media sehingga masyarakat dapat mendengarkan melalui media atau melihat dari siaran tunda.

“bentuk dari debat kandidat kita mengacu PKPU 13, jadi pesertanya kita batasi cukup lima orang dari setiap peserta. Jadi masyarakat tidak perlu tatap muka langsung namun dapat mendengarkan melalui radio ataupun melalui video youtube,” tutupnya.

Artikel Terkait

Pjs Bupati Waropen Hadiri Pembukaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPT

Afrans

Hasilkan DPT Akurat, KPU Waropen Gelar Rakor Bersama Bawaslu, Pemda dan Forkopimda

Afrans

Deklarasi Pilkada Damai di Waropen, KPU Minta 4 Paslon Patuhi Protokol Kesehatan

Afrans

Ini Nomor Urut Pasangan Calon Pilkada Waropen 2020

Afrans

KPU Waropen Tetapkan Empat Pasangan Calon Pilkada 2020

Afrans

KPU Waropen Gelar Sosialiasi Tentang Kampanye dan Penerapan Protkes Pada Pilkada 2020

Afrans

Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan, Jelang Pilkada Netralitas ASN di Awasi

Afrans

Berkas Pendaftaran Resmi Diterima, Ini Tanggapan Pasangan Ojek, Hendriko dan YusMir

Afrans

Pasangan Bisma, Pertama Yang dinyatakan Berkas Lengkap Oleh KPU

Afrans