Pasific Pos.com
Headline

KPU Tetapkan Dua Paslon Pilgub Papua

JAYAPURA,- Rapat Pleno Terbuka Penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, berlangsung di kantor KPU Provinsi, Selasa (20/2/18) siang.

Dalam rapat tersebut, KPU Papua menetapkan dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilgub Papua 2018.

Kedua pasangan ini adalah Lukas Enembe – Klemen Tinal yang merupakan pasangan petahana yang diusung koalisi Papua Bangkit Jilid II, partai Demokrat, Golkar, Hanura, PKB, PAN, PKS, Nasdem, PKPI dan PPP.

Pasangan calon John Wempi Wetipo dan Habel Melkias Suwae atau pasangan Josua didukung tiga partai besar yakni PDIP, Gerindra dan Perindo (non
seat) di DPRP.

Penetapan ini berdasarkan surat Keputusan KPU Papua nomor 28/PL.03.1/91/Kpt/Prov/II/2018. Hadir dalam acara penetapan, pasangan calon John Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae, dan calon Wagub Petahana, Klemen Tinal. Sementara calon Gubernur petahana, Lukas Enembe tidak hadir dikarenakan sedang berada diluar kota. Turut hadir pula, para tim sukses dan koalisi dari kedua pasangan calon.

Ketua KPU Papua, Adam Arisoy, menyatakan, setelah penetapan selanjutnya Rabu (20/2/18), akan dilakukan pencabutan nomor urut peserta pemilu.

“Pencabutan nomor urut dilaksanakan di halaman kantor KPU,” ujar Adam kepada pers usai Penetapan.

Adam menambahkan, Jadwal kampanye ada mengalami keterlambatan. Sebab, secara jadwal kampanye secara nasional sudah dimulai sejak 15 Februari lalu.

“Karena adanya penundaan dari MRP terkait verifikasi orang asli Papua, ini mempengaruhi semua jadwal. Tapi kami sudah rapat dengan tim sukses dan semua koalisi. Tentunya ini dengan sendirinya mempengaruhi semua jadwal, tim sukses masing masing paslon sehingga besok kami akan rapat untuk selesaikan jadwal kampanyenya,” aku Adam.

“Saya harap tidak ada masalah lagi sejak hari ini kita tetapkan sebagai pasangan calon gubernur,” sambungnya.

Berhubung hari minggu tidak terhitung dalam jadwal kampanye, namun lanjut Adam, ini tidak akan menjadi masalah. Meski jadwal kampanye menjadi berkurang. Ucapnya.