Pasific Pos.com
Papua Barat

KPU Siap Membantu Masyarakat dalam Pemilu 2019

Manokwari, TP – Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Propinsi siap membantu masyarakat dalam mensukseskan Pemilu 2019 nanti karena  suksesnya Pemilu bukan karena KPU melainkan oleh karena warga masyarakat sendiri.

Demikian ditegaskan, anggota Divisi Teknis Penyelenggara,KPU Propinsi Papua Barat, Paskalis Semunya, Jumat (05/07).

“Partisipasi masyarakat dalam pemilu merupakan indikator utama suksesnya pemilu, oleh karena itu,  kita mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dan menggunakan hak suaranya dengan baik. Tugas kami adalah menjaga hak konstitusi sebagai warga negara dalam memilih dan karena itu setiap warga yang berhak memilih diundang untuk hadir di TPS – TPSnya masing-masing” lanjut Paskalis.

Berkaitan dengan persiapan pemilu 2019, Paskalis menjelaskan, pihaknya sudah mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui workshop, sosialisai di kampus-kampus, RRI, melalui teman-teman wartawan, dan untuk tingkat bawah kami masuk ke dalam masyarakat untuk melakukan sosialisasi tersebut.

“Sesuai ketentuan terkait hak memilih, yang berkenan memilih hanya yang ber-KTP Elektronik. Dalam dua bulan berjalan, ternyata tercatat dalam daftar pemilih kami, hampir 100 ribu lebih pemilih belum memiliki E-KTP. Oleh karena itu, kami berharap masalah ini nsegera teratasi,” ujar Paskalis.

Dirinya berharap, giat berkoordinasi dengan dinas bersangkutan terkait dengan 100 ribu lebih pemilih yang belum memilik E – KTP ini.

“Langkah pertama yang sudah kami tempuh yaitu berkoordinasi dengan Gubernur untuk menindaklanjuti  temuan ini dan kita berkoordinasi juga dengan pihak Bawaslu sebagai mitra KPU untuk mengawal pemilu ini dengan baik serta mendorong masyarakat untuk berpartipasi nantinya, karna itu bukan KPU saja yang berkerja tetapi pemerintah harus bertanggung jawab karena pemereintah milik masyarakat dan masyarakat milik pemerintah” tandas Paskalis. (CR – 52)