Pasific Pos.com
Papua Barat

KPU Resmi Menutup Pendaftaran Calon DPD RI 2019

Manokwari, TP – Komisi Pemilihan Umum KPU Propinsi Papua Barat resmi menutup pendaftaran calon DPD RI 2019. Hingga menunggu penutupan ssecara seremonial pada pukul 24.00 WIT. sampai saat ini sesuai penetapan KPU berjumlah 11 orang calon DPD RI, Rabu (11/07) Sore.

“hingga saat ini jadwal pendaftaran bakal Calon DPD RI telah berakhir. Dan oleh karena itu, pendaftaran ini resmi ditutup dan kemudian kita akan masuk dalam tahapan selanjutnya yaitu verifikasi dokumen para calon, yang nantinya kita akan mengetahui kekurangan-kekurangan yang mesti dilengkapi” jelas Semunya.

“Dengan berakhirnya pendaftaran ini, maka status bakal calon dirubah menjadi calon karena semua dokumen sesuai yang diusulkan oleh KPU hampir semunya memenuhi syarat” lanjut Semunya.

Nama-nama yang resmi diterima KPU  menjadi calon DPD RI  antara lain: Memberob  Yosephus Rumakiek, Yakob Esau Komigi, SH., MM, Victor Juventus Gonsalves May, M. Sanusi Rahaningmas, Sofia Maipauw, SH, Yance Samonsabra,  Amos Lukas Watori, Filep Wamafma, Abdulah Manaray, ST, Kariadi, SH. MH, Sirajudin, SH. MH.

“Terkait syarat dukungan, masih ada dua calon yang Belum Memenuhi Syarat (BMS) yang nantinya menjadi catatan khusus bagi mereka untuk segera penuhi selain dokumen lain yang mesti ada perbaikan. Hingga tanggal 21 Juli – 24 Juli merupakan tahapan perbaikan syarat dukungan dan atau syarat calon”, terang Semunya.

“sementara ini dokumen para calon resmi diterima oleh KPU dengan demikian mereka berhak untuk mengikuti proses tahapan selanjutnya, yang mana dokumen-dokumen harus diperbaiki/lengkapi mana kala ada kekurangan yang nantinya pada tahapan selanjutnya dokumen-dokumen tersebut kita teruskan ke KPU RI untuk proses lebih lanjut, dan nantinya keputusan KPU RI yang kemudian para calon berhak untuki menjadi calon tetap DPD RI 2019, jelas Semunya.