Pasific Pos.com
Papua Tengah

KPU Nabire : Pilgub Papua di Nabire Aman, Meski Partisipasi Pemilih Berkurang

NABIRE – Pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur Papua di Kabupaten Nabire dapat dikatakan berjalan aman, meskipun berkurangnya partisipasi masyarakat (pemilih) pada ajang demokrasi 5 tahunan ini.

Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nabire, memastikan tahapan inti pencoblosan di 334 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di 81 kampung dan 15 distrik sekabupaten Nabire telah berjalan aman dan lancar.
“Pihak KPU telah mendistribusi logistik mulai H-4 atau Minggu kemarin dan sehari berikutnya di sejumlah TPS yang ada di Nabire dan secara umum TPS-TPS yang ada itu telah melakukan proses pencoblosan sesuai waktu yang ditentukan,” terang Ketua KPU Nabire, Nelius Agapa kemarin.

Pantauan media ini, proses pencoblosan Pilgub Papua yang rata-rata ditutup sekitar pukul 13.00 WIT dan dilanjutkan perhitungan surat suara di tingkat TPS berjalan aman, lancar tanpa adanya gangguan dan kejadian yang menonjol.
Meskipun demikian, nampak di sejumlah TPS secara umum animo pemilih dalam menyalurkan hak politiknya berkurang secara drastis. Dan terkait hal ini sebelumnya pihak penyelenggara tak hentinya mengimbau masyarakat pemilih untuk bisa menggunakan hak politiknya dengan baik.

Terkait hal ini pihak penyelenggara lainnya dalam hal ini Panitia Pengawas Pemilu Kepala Daerah (Pemilukada) Nabire mengakui animo atau partisipasi masyarakat selaku pemilih berkurang.
Ketua Panwaslu Nabire, Adriana Sahempa menyebutkan, dari pantauan pihaknya tidak menemukan hal yang bersifat pelanggaran.

Dilansir tabloid Jubi, dirinya sangat meyayangkan hal itu. “Ya, saya sudah pantau semua aman. Tapi, animo dari masyarakat (pemilih) masih rendah. Saya dapati tidak ramai seperti biasanya,” ujanya. (wan)