Pasific Pos.com
Papua Selatan

KPU Merauke Siap Laksanakan Tahapan Pilkada

MERAUKE,ARAFURA,- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke, Antonius Kaize, memastikan bahwa KPU Merauke telah siap melaksanakan tahapan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Tahun 2018. Salah satunya adalah dengan pembentukan badan penyelenggara dan saat ini masuk pada tahapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Pemutakhiran (DPT), kita masih tunggu penyerahan dari provinsi,”ungkapnya kepada wartawan usai apel gelar pasukan pengamanan pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2018 di Mapolres Merauke, Jumat (5/1/18).

Menurut Anton, khusus untuk di Merauke ada masalah yang dihadapi terkait pemutahiran daftar pemilih yakni belum jelasnya penduduk untuk kelurahan yang baru dan kampung yang baru. “Dari pemerintah itu belum ada Perbubnya. Kemudian, batasan kampung baru belum jelas,”terangnya.

Karena itu, kata Anton, pihaknya meminta kepada pemerintah segera memperjelas status batas untuk kampung-kampung baru dan juga penduduknya. “DPT kita proses, kemungkinan permasalahannya di titik itu. Kita mau membagi PPS yang baru, itu wilayah DPTnya yang mana. Jadi, kita kendala di situ,”tukasnya.

Kendati demikian, Anton memastikan, KPU akan terus berkoordinasi dengan pemerintah terkait hal itu. “Kita sudah pernah koordinasi, tetapi sampai sekarang belum ada satu keputusan yang tegas. Pada prinsipnya KPU beserta seluruh jajaran siap menyelenggarakan Pemilu, terutama dari tahapan ke tahapan,”ujarnya.