Pasific Pos.com
Papua Tengah

KPU Intan Jaya Buka Pendaftaran PPD dan PPS Pemilu 2019

NABIRE – KPU Kabupaten Intan Jaya membuka pendaftaran anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu tahun 2019. Data yang dihimpun media ini, tahapan perekrutan PPD dan PPS, pendaftaran dan pengambilan formulir mulai Sabtu (3/3) sampai dengan Senin (5/3) mulai pukul 08.30 WIT sampai dengan 16.00 WIT.

Tempat pendaftaran masing-masing di Sekretariat KPU Intan Jaya di Jalan Mamba – Titigi, Kabupaten Intan Jaya dan di Kantor Perwakilan Sekretariat KPU Intan Jaya di Nabire. Tahapan pemasukan dokumen dan pengembalian formulir pada Sabtu (3/30 sampai dengan Senin (5/3) pada jam dan tempat yang sama.

Cara pengembalian berkas pendaftaran, berkas pendaftaran dimasukan di dalam map berwarna hijau untuk PPD dan warna merah untuk PPS. Dokumen yang telah dimasukkan tidak dapat ditarik atau ditukar kembali oleh calon peserta. Seperti disampaikan Ketua KPU Intan Jaya, Yulius Wandagau, ada sejumlah tahapan seleksi yang akan dilaksanakan. Yakni mulai dari seleksi administrasi, seleksi tertulis hingga seleksi wawancara.

Materi seleksi tertulis meliputi, pengetahuan tentang pemilihan yang mencakup tugas, wewenang dan kewajiban PPD dan PPS, penelitian syarat dukungan DPD, teknis pemungutan suara, penghitungan perolehan suara dan rekapitulasi penghitungan perolehan suara. Selain itu, dalam seleksi tertulis juga ada materi tentang pengetahuan kewilayahan.

Pada tahapan selanjutnya, seleksi wawancara meliputi, rekam jejak calon anggota PPD dan PPS. Ada juga materi pengetahuan tentang pemilihan, yang mencakup tugas, wewenang dan kewajiban PPD dan PPS, teknis pemungutan suara, penghitungan perolehan suara dan rekapitulasi penghitungan perolehan suara. Dalam seleksi wawancara juga akan dilakukan klarifikasi tanggapan masyarakat.

“Persyaratan sebagai anggota PPD dan PPS itu ada 14 poin yang harus dipenuhi. Dan kelengkapan dokumen yang harus dilampirkan saat pendaftaran itu ada 12 poin. Semua itu ada pada pengumuman yang telah kami keluarkan dan disampaikan melalui media cetak ini,” ujarnya. (ros)