Menu

Line 1

Custom Search

Sekda Kota Buka Pelatihan Pembuatan Noken

  • Ditulis oleh Super User
Penilaian: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
TerburukTerbaik 
Pelatihan Noken
Sekretaris Daerah Kota Jayapura saat menyematkan kalung peserta pelatihan noken

 

Jayapura, Sekretaris Daerah (sekda) kota Jayapura, R.D. Siahaya, SH membuka pelatihan pembuatan Noken kegiatan pengadaan usaha IKM masyarakat Papua program pengembangan Industri kecil dan menengah. Pelatihan ini dilaksanakan di distrik Abepura kemarin dihadiri  Robet N. Awi (Kepala Dinas Depperindak Kop Kota Jayapura), Adi Jayakusuma, M.Si (Kepala Distrik Heram) dan Drs. Luther Parrung (Kasatpol PP Kota Jayapura)
Ketua panitia Joko Kustianto, S.Sos dalam laporannya mengatakan dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah bersumber dari anggaran DPA Depperindak Kop Kota Jayapura.


"Noken merupakan warisan asli budaya Papua, terbuat dari serat kulit kayu yang harus dipertahankan dan dikembangkan, sejak tanggal 4 Desember 2012 Noken masuk dalam daftar Unesco sebagai warisan budaya tak benda dunia dari Indonesia yang memerlukan perlindungan seseorang. Atas dasar pemikiran tersebut, maka kepala dinas perindustrian perdagangan koperasi  dan UKM Kota Jayapura selaku dinas teknis melakukan pembinaan kepada mama-mama Papua dalam hal peningkatan keterampilan peningkatan mutu maupun pemasaran hasil produksi kerajinan Noken," ujar ketua pelaksana.
Lebih lanjut dikatakannya dalam pelaksanaan pelatihan ini mengundang instruktur sebanyak 2 orang dari Institut Seni kerajinan dari Yogyakarta.
Sementara itu dalam  sambutan tertulis  Walikota Jayapura yang dibacakan oleh Sekda Kota Jayapura R.D. Siahaya, SH mengatakan,  Noken adalah tas tradisional masyarakat asli Papua terbuat dari kulit kayu merupakan warisan asli budaya Papua yang harus dipertahankan dan dikembangkan, pada tahun 2011 Pemerintah Indonesia mengusulkan melalui Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata agar Noken didominasikan sebagai warisan Budaya Papua dan sejak tanggal 4 Desember Noken masuk dalam daftar Unesco sebagai warisan budaya tak benda Dunia dari Indonesia yang memerlukan perlindungan khusus.
"Dengan adanya pelatihan teknis pembutan Noken diharapkan dengan potensi yang ada, teknologi yang diberikan dan pendampingan mama-mama Papua yang mengikuti pelatihan ini akan menjadi usaha kecil menenga (UKM) yang berdaya saing dibidang Noken" ujar Sekda.
Sekda juga berharap, mama-mama sebagai pelaku UKM selain keterampilan teknis perlu jaga mendapat pengetahuan pengelolaan bisnis penetrasi pasar dan pengembangan desain agar produk memiliki inovasi terbaru sehingga nilai jual akan terdongkrak," ujarnya.
Pelatihan dibuka secara resmi dengan menyematkan tanda peserta oleh Sekda Kota Jayapura. (Fani)

  • No comments found

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
Info for bonus Review bet365 here.