Pasific Pos.com
Papua Selatan

Koroway Batu, Salah Satu Pusat Pelayanan

MERAUKE,ARAFURA,- Wakil Bupati Boven Digoel, Chaerul Anwar,ST mengtakan terkait masyarakat Suku Koroway, oleh Bupati Boven Digoel Tahun 2017 lalu sudah dicanangkan Koroway Batu ini menjadi salah satu pusat pelayanan pemerintahan. Karena itu, semua pelayanan baik pendidikan, kesehatan dan pelayana publik akan difokuskan salah satunya di wilayah Korowai.

Suku korowai merupakan salah stau suku terasing di Indonesia dan keberadaannya bukan hanya di wilayah Boven Digoel tetapi ada di lima kabupaten yakni Mappi, Asmat, Pegunungan Bintang, Yahokimo dan Boven Digoel. “Tetapi masyarakat umum tahunya ada di Boven Digoel, karena kebetulan bandara Koroway Batu berada di wilayah Boven Digoel,”ungkapnya di Merauke, belum lama ini.

Lebih lanjut dikatakan, Suku Koroway juga mendapat bantuan langsung dari Pemkot Surabaya dan dalam waktu dekat pemerintah daerah bersama OPD terkait akan ke Koroway Batu untuk menyerahkan bantuan tersebut. Selain menyerahkan bantuan, juga akan dilakukan pengobatan massal dan imunisasi campak.”Ini dilakukan untuk mencegah kejadian di kabupaten tetangga (Asmat) terjadi di wilayah Boven Digoel,”ujarnya.

Bantuan yang diberikan Pemkot Surabaya berupa susu, makanan tambahan, alat tulis, kelambu, pakaian, pakaian seragam dan parang. “Kenapa kita kasih parang, karena itu untuk mereka buka-buka lahan. (Bantuan) ini karena kedekatan langsung Ibu Risma (Wali Kota Surabaya) dengan bupati kami, sehingga begitu viral save Koroway, Pemkot Surabaya memberikan perhatian kepada Suku Koroway di wilayah Boven Digoel. Sudah ada bantuannya, tinggal kita mau antar”tukasnya.