Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Korban Rusuh Wamena Minta Pemerintah Membantu Kembali ke Kampung Halaman

 

Jayapura, – Trauma yang dirasakan oleh Warga Kota Wamena, yang saat ini memilih mengungsi ke Jayapura meminta pemerintah memfasilitasi mereka ke kampung halamannya.

Salah satu pengungsi yang kini berada di Aula Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Silas Papare Jayapura, Abdullah Sihanudin (40) menyatakan, ia berencana akan kembali ke kampung halamannya di Probolonggo, dan tak ingin kembali ke Wamena lagi.

“Saya harap pemerintah dapat membantu kami untuk kembali ke kampung halaman. Kami khawatir karena semua sudah mengungsi. Dan di Jayapura saya tidak ada keluarga,” kata Abdullah kepada reportase Papua, akhir pekan kemarin.

Apalagi lanjut Abdullah, masih harus menunggu pesawat Hercules milik TNI mengangkut warga yang ingin kembali ke kampung halaman. Itu butuh waktu karena kini masih ada sekitar ribuan warga di Wamena yang akan dievakuasi ke Jayapura.

“Mau berapa (kali penerbangan) pesawat lagi yang mau ke Wamena. Jadi kalau bisa mungkin diangsur dulu, yang sudah di Jayapura diantar ke kampung halamannya, kalau ada yang mau pulang,” tuturnya.

Sementata pengungsi lainnya, Nani Susongki mengatakan hal yang sama. Informasi yang ia dapat menyebut, bahwa pesawat baru akan diberangkatkan untuk mengantar pengungsi ke kampung halamannya, jika sudah ada sebanyak 150 orang dalam satu kali penerbangan.

“Sampai sekarang baru 70 orang yang terdata ingin pulang ke Jawa. Jadi kalau
bisa, misalkan sudah ada 100, sebaiknya diangkut saja dulu,” imbuhnya

Nani menambahkan, kalau masalah kebutuhan di pengungsian di Jayapura ini sudah terpenuhi.

“Kami hanya berharap dapat segera pulang ke kampung,” harapnya dengan mata berkaca-kaca. (TIARA)