Pasific Pos.com
Papua Barat

Korban Kekerasan Belum Tertangani Secara Baik

Manokwari, TP – Kasus kekerasan terhadap perempuan semakin marak di Kabupaten Manokwari. Sayangnya, perempuan korban kekerasan belum mendapat penanganan secara baik dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari.

Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo mengakui apabila penanganan korban kekerasan, baik anak dan perempuan di Manokwari, belum tertangani secara baik.

Belum maksimalnya penanganan, lanjut Budoyo, karena Kabupaten Manokwari belum memiliki rumah singgah (rumah aman) umtuk korban kekerasan.

Budoyo menilai dengan semakin maraknya kekerasan terhadap perempuan dan anak, maka Kabupaten Manokwari sudah seharusnya memiliki rumah aman.

“Sudah sangat diperlukan rumah singgah bagi para korban kekerasan yang dilaporkan dan ditangani kasusnya oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Manokwari. Nanti akan dibicarakan dengan Dinas Sosial yang secara teknis berwenang membuat rumah aman atau rumah singgah yang memadai. Memang sampai saat ini, Manokwari belum punya itu,” kata Budoyo kepada para wartawan di Kantor Distrik Manokwari Utara, belum lama ini.

Pemkab, kata Budoyo, tidak hanya memikirkan dampak yang terjadi akibat kekerasan, tetapi juga terkait pencegahan tindak kekerasan supaya tidak terjadi lagi.

Pencegahan itu, sambung Wakil Bupati, sudah dilakukan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Manokwari dengan melakukan sosialisasi sampai ke tingkat distrik dan kampung.

“Harus ada sosialisasi untuk mengurangi jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak dimotori Badan Pemberdayaan dan pihak keamanan untuk tindakan pencegahannya,” pungkas Budoyo. [SDR-R1]