Pasific Pos.com
Papua Barat

Koperasi Wajib Miliki SKBH dan Sertifikat

Manokwari, TP – Setiap pelaku koperasi wajib memiliki Surat Keputusan Badan Hukum (SKBH) dan Sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK). Demikian ditegaskan oleh Kepala Bagian Koperasi dan UMK pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Manokwari, Niko F.Tumiwa, SH, belum lama ini.

“Tanpa adanya SKBH dan sertifikat NIK seakan-akan koperasi berjalan tanpa arah, tanpa kekuatan. Padahal, ada serangkaian aturan dalam pelaksanaan kegiatan koperasi misalnya seperti undang-udang nomor 21 tahun 2008 tentang pedoman pengawasan Peraturan Mentri No. 19 Tahun 2008, serta peraturan-peraturan pemerintah yang lain,” tutur Niko.

Untuk itu, dirinya menyarankan agar para pelaku usaha koperasi yang belum memiliki SKBH dan sertifikat NIK, segera melaporkan dan melakukan verifikasi agar dalam menjalankan usahanya bisa berjalan baik sesuai ketentuan.

Apabila pelaku-pelaku usaha koperasi menjalankan aktifitasnya tanpa Badan Hukum, tambahnya dapat ditindak sesuai dengan aturan pemerintah No.17 Tahun 1994, tentang pembubaran koperasi. [CR42-R3]