Pasific Pos.com
Papua Tengah

Konsultasi Publik Pembangunan Sarana Prasarana Penunjang Wisata Alam di TWA Nabire

NABIRE – Bertempat di Kampung Air Mandidi, Distrik Teluk Kimi, Kabupaten Nabire, Selasa 13 Februari 2018 lalu, telah dilaksanakan kegiatan Konsultasi Publik Pembangunan Sarana Prasarana Penunjang Wisata Alam di Taman Wisata Alam (TWA) Nabire.

Konsultasi Publik yang dilakukan merupakan salah satu syarat Pembangunan Sarana dan Prasarana Wisata Alam di kawasan konservasi sesuai dengan arahan Direkur Jenderal KSDAE dan Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor : P.4/Menhut-II/2012 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P.48/Menhut-II/2010 Tentang Pengusahaan Pariwisata Alam Di Suaka Margasatwa, Taman Nasional, Taman Hutan Raya Dan Taman Wisata Alam
Kegiatan ini ditujukan untuk menghimpun masukan dan dukungan terkait Pembangunan Sarana Prasarana Penunjang Wisata Alam di Taman Wisata Alam (TWA) Nabire. Kegiatan Konsultasi Publik dihadiri oleh Bupati Nabire yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Yasor Victor Sawo, Kepala Distrik Teluk Kimi, Anike Mofu, para SKPD terkait serta warga masyarakat sekitar kawasan TWA Nabire.

Mengawali kegiatan Konsultasi Publik dilakukan penyampaian materi oleh Kabid Wilayah II Nabire, Seha Risqon, S.Pt.,M.Si, Kasubag Data, Evlap & Kehumasan BBKSDA Papua, I Ketut Diarta Putra, S.Si dan Danial Idris, A.Md.Hut (PEH), acara dilanjutkan dengan sesi diskusi kemudian melakukan ground check ke lapangan.

Sebagai wujud kesepakatan tersebut diakhiri dengan penandatanganan berita acara. Adapun pihak2 yg bersepakat dituangkan dalam berita acara yang terdiri dari aparat pemerintahan distrik, kampung, pemuka agama, tokoh adat dan masyarakat setempat.

Seluruh peserta Konsultasi Publik juga bersepakat untuk bersama-sama menjaga dan memelihara sarana dan prasarana penunjang wisata alam yang akan dibangun dan sepakat untuk bersama-sama menjaga seluruh potensi sumber daya alam yang terdapat di TWA Nabire. (ist)