Pasific Pos.com
Headline Olahraga

Koni Pastikan PON XX Papua Pertandingkan 37 Cabor

Suwarno

Jayapura – Wakil Ketua Umum (Waketum) KONI Pusat, Suwarno, menyebutkan hanya ada 37 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Provinsi Papua.

“Hingga saat ini kita masih fokus dengan 37 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di PON, apalagi saat ini masih adanya pandemi Covid-19,” ujar Suwarno kepada pers disela-sela Kegiatan Verifikasi Teknis Pelaksanaan Pertandingan Cabang Olahraga dan Kegiatan Penyusunan Technical Handbook PON XX Papua 2021 di Jayapura, Minggu, 14 Februari 2021.

Menurutnya, PON XX Papua memperlombakan 37 cabor dengan 56 disiplin, 679 nomor, serta kuota atlet kurang lebih 6.442 orang.

Suwarno memastikan bahwa berbagai Provinsi saat ini pun kesulitan anggaran ditengah pandemi Covid-19, sehingga tak mungkin ada penambahan cabor di PON XX Papua.

“Jika terjadi penambahan cabor maka akan mempersulit KONI di masing-masing provinsi mengirim atletnya, sehingga kita fokus ke 37 cabor, apalagi agenda olahraga Indonesia di tahun ini begitu padat,” tukasnya.

Sebelumnya beredar berita di media, cabor eSports bakal dipertandingkan di PON XX Papua. Namun, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S. Dewa Broto, dalam keterangannya memastikan cabor game elektronik (esports) tidak dipertandingkan di PON XX Papua 2021.

“Enggak hanya cabor esports, sembilan cabor ekshibisi lainnya juga batal dilaksanakan di PON XX Papua 2021,” kata Gatot dalam konferensi virtual pembukaan Free Fire Master League Season III, Jumat (15/1/2021).

“Terkait PON, hanya dipertandingkan 37 cabor,” tambah Gatot.

Artikel Terkait

Klaster Mimika Siap Sambut PON XX

Bams

PON XX Papua Diikuti 6.484 Orang Atlet

Bams

Konsolidasi PB PON Jelang CdM Meeting II

Bams

Papua Tolak Sumsel Jadi Tuan Rumah Pendamping PON

Bams

THB PON XX Papua Tuntas, Tapi ada Beberapa Catatan

Bams

Papua Protes Atlet Terbang Layang DKI dan Jawa Barat

Bams

THB PON XX Dibahas KONI dan TD Cabor

Bams

Wagub Ajak Kepala OPD Sukseskan PON XX

Bams

KONI Berharap PON Papua Tak Ditunda Lagi

Bams