Pasific Pos.com
Papua Selatan

Komunitas Stand Up Ikut Workshop Public Speaking

MERAUKE,ARAFURA,-Jelang grand opening Mr.Bean Coffee beberapa waktu lalu telah digelar kegiatan workshop dan public speaking yang melibatkan beberapa pengusaha muda Merauke dan Komunitas Stand Up Indo Merauke. Kegiatan tersebut berlangsung santai dan dihadiri oleh penyiar radio, sekaligus presenter dan MC kondang Kota Rusa, Franky Wohel sebagai narasumber.

Dalam materinya Franky menyampaikan beberapa hal penting yang perlu dipahami oleh seorang public speaker antara lain tata cara menyampaikan kalimat saat menjadi MC, pengertian puclic speaking hingga soal kepercayaan diri. Sebab seorang public speaker harus memiliki kepercayaan diri sebagai modal utama. Sebab orang yang berdiri di hadapan orang banyak termasuk komika merupakan bagian dari yang namanya public speaking.

Oleh karena itu harus memahami apa yang dimaksud dengan public speaking itu sendiri. Berbagai kegiatan yang erat kaitannya dengan public speaking antara lain MC, komika, pamateri, pimpinan rapat dan lain sebagainya yang pastinya memiliki dasar yang sama. “Komika merupakan bagian dari public speaker sehingga pengenalan tentang public speaker penting. Jadi melalui workshop kali ini kita melakukan sharing ringan untuk sama-sama meningkatkan pemahaman,”terangnya.

Franky menjelaskan bahwa seorang komika perlu memperhatikan suara dan cara berbicara dan bagaimana menciptakan suasana dengan suara. Sebab orang melihat kita sudah satu paket, tidak hanya skill tapi penampilan kita juga harus meyakinkan. Orang juga bisa mengetahui kecerdasan kita melalui penampilan. “Untuk orang-orang yang menjadi MC atau tampil di depan umum itu skill nomor dua namun penampilan yang meyakinkan orang itu nomor satu. Barulah setelah itu kita bisa imbangi dengan membenahi skill.

Namun jika pada dasarnya skill orang tersebut memang sudah bagus maka akan lebih baik lagi,”terangnya. Ia mengakui bahwa dirinya sama sekali tidak mempunya jiwa guru dan tidak mempunyai basic di bidang khusus ilmu pendidikan sehingga lebih suka jika kehadiran dirinya sebagai narasumber adalah untuk sharing dengan sesama teman. Jadi suasana yang tercipta terkesan lebih santai.

Selain itu dirinya bukan seorang ahli public speaking namun setidaknya memiliki pengalaman sehingga lebih fokus pada prakteknya. Ia berharap anak-anak muda sudah mulai mencoba tampil di depan umum. Setidaknya mereka sudah memiliki modal keberanian mengekspresikan bakat atau keresahan mereka dalam kehidupan sosial. Namun jika ingin mencari MC muda atau baru memang masih sangat sulit.