Pasific Pos.com
Papua Selatan

Komit Mengangkat Kearifan Lokal, Kapolres Merauke Akan Wajibkan Anggotanya Pakai Noken

Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Terobosan seorang Untung Sangaji selaku Kapolres Merauke seakan tidak pernah berhenti karena pejabat polisi yang satu ini terus berupaya untuk berkarya dengan memberdayakan masyarakat di daerah ia bertugas saat ini. Setelah merealisasikan pelatihan home industri bagi masyarakat lokal, ke depan ia akan berupaya untuk lebih menonjolkan kearifan lokal dari Kabupaten Merauke. Salah satunya adalah tas Noken yang menurutnya patut untuk ditonjolkan dan masyarakat akan dibina untuk membuat variasi Noken yang menarik.

Bahkan demi komitmennya terhadap kearifan lokal tersebut, ia akan mewajibkan seluruh anggotanya untuk memakai Noken pada hari-hari tertentu. Hal ini juga untuk memperkenalkan produk lokal yang ada di Papua serta melestarikannya sehingga dikenal masyarakat luas. “Saya ingin semua hasil dari sini, dari Merauke. Oleh sebab itu saya akan datangi tempat kerajinan mereka lalu meminta mereka untuk membuat produk tersebut dan harganya akan saya sesuaikan dengan harga yang pantas agar bisa membuat mereka senang,”ujar AKBP Untung Sangaji kepada wartawan usai pemberkatan home industri di Mapolres kemarin.

Lebih lanjut Untung Sangaji menjelaskan, masyarakat akan didorong untuk dapat menghasilkan produk-produk lokal yang berkualitas dan berjalan secara kontinyu. “Sebab mereka memiliki kekayaan alam, jadi mengapa harus miskin di alam yang serba kaya ini. Oleh sebab itu saya akan melihat bagaimana mereka bekerja dan saya akan memberikan masukan-masukan termasuk dalam memilih bahan yang bagus,”pungkasnya.

Artikel Terkait

Sambangi Polres Merauke, Ini Pesan Wakapolda

Arafura News

Satu Lagi Terduga Teroris Ditangkap

Arafura News

Resmikan Poskamling, Kapolres Merauke Disambut Antusias Warga

Arafura News

Kapolres: Bijak Gunakan Medsos, Jangan Lecehkan Institusi Negara

Arafura News

AKBP Untung Sangaji Sukses Latih Seorang Pendeta Membuat Kancing Batok Kelapa

Arafura News

Satu Lagi Prestasi Polres Merauke

Arafura News

Pasca Kerusuhan, Kapolres Bakal Tugaskan Polisi Jaga Area Lapas

Afrans

Kembali Pimpin Razia, Kapolres Berhasil Sita 32 Sajam Milik Napi

Afrans

Upaya Kapolres Atasi Kasus Pengeroyokan Lapas

Afrans