Pasific Pos.com
Papua Selatan

Komit Bawa Nama Baik Kampus Lewat Taekwondo

MERAUKE,ARAFURA,-Semakin banyak saja mahasiswa Unmus yang tertarik dengan olahraga Taekwondo, baik putra maupun putri. Ketertarikan mereka pada akhirnya mampu mengantarkan para mahasiswa ini meraih gelar juara di sejumlah pertandingan. Salah satunya adalah Elma Aprilia Mulyani, peraih medali emas pada kejuaraan Taekwondo di Jayapura dan di Poltek Makassar mendapat medali perunggu. Mahasiswi semester 8 jurusan manajemen fakultas ekonomi ini bergabung di UKM Taekwondo sejak tahun 2014 lalu dan sebelum kuliah memang sudah aktif dalam olahraga yang satu ini. Oleh sebab itu sejak awal masuk kuliah ia langsung memilih bergabung dengan UKM Taekwondo.

“Sejak dulu saya sudah menyenangi olahraga ini sehingga semakin termotivasi untuk meningkatkan kemampuan di tingkat perguruan tinggi. Nilai lebih yang saya dapat yaitu bisa mengikuti kejuaraan bergengsi dan menyambangi berbagai daerah di luar Merauke,”ujarnya saat ditemui ARAFURA News di sela-sela latihan di kampus belum lama ini. Ia menjelaskan bahwa pola latihan yang ia jalani sudah sangat memuaskan dan karena ia kuliah pagi maka bisa fokus membagi waktu latihan di sore hari. Kecuali jika ada jam kuliah yang bersamaan dengan jam latihan barulah ia lebih memilih untuk memperioritaskan kuliah.

Sementara itu Jumiati yang meraih medali perunggu mengaku sangat senang bisa mengikuti kejuaraan dan membanggakan kampus. Apalagi ia baru pertama kali bertanding namun ia sama sekali tidak merasa grogi. Bahkan ia sangat senang dan justru penasaran ingin sekali ikut kejuaraan. Begitu masuk kuliah mahasiswi akutansi ini langsung tertarik dengan UKM Taekwondo karena menurutnya memiliki daya tarik tersendiri. Awalnya ia mengakui agak kesulitan beradaptasi namun seiring berjalannya waktu ia semakin terbiasa. Ia bertekad untuk fokus mengikuti latihan demi memantapkan kemampuan dan berharap mampu membawa nama baik UKM Taekwondo dan kampus serta bisa meraih predikat juara yang lebih baik.

Pada kesempatan yang sama, Ketua UKM Taekwondo, Filomina Batmyanik menghimbau kepada siapa saja yang ingin bergabung agar tidak perlu ragu karena UKM ini menerima anggota dari semua kalangan, baik anak SD hingga SMA sebagai binaan. Sedangkan khusus untuk mahasiswa memang sudah diwajibkan masuk ke salah satu UKM. Ia salut karena yang masuk UKM Taekwondo juga banyak dari kalangan mahasiswi bahkan mampu bersaing dengan yang laki-laki. Mahasiswi hukum ini masuk di UKM Taekwondo sejak tahun 2015 dan mengaku tidak merasa kesulitan dalam menyesuaikan diri. “Menurut saya cukup banyak mahasiswa yang mulai tertarik masuk UKM Taekwondo oleh sebab itu kita terus berupaya merangkul mereka dengan cara demonstrasi kemampuan maupun berbagi pengetahuan,”terang Filomina.