Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Komisi V DPR Papua Minta, Puskesmas Harus Dioptimalkan Kembali

Komisi V DPR Papua
Sekretaris Komisi V DPR Papua, Fauzun Nihayah,S.Hi.,MH.

Jayapura, – Dengan membludaknya pasien covid-19, membuat rumah sakit yang ada di Kota Jayapura kewalahan dalam menangani pasien umum.

Terkait dengan itu, banyak masyarakat yang mengeluh dengan pelayanan medis di rumah sakit, lantaran pasien tidak terlayani dengan baik dengan alasan ruangan penuh.

Untuk itu, Sekertaris Komisi V DPR Papua bidang Kesehatan, Fauzun Nihayah,S.Hi.,MH meminta, agar pemerintah baik di kota maupun kabupaten mengoptimalkan fungsi pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di daerah masing-masing. Sehingga, pasien non covid-19 dan pasien umum bisa mendapatkan pelayanan medis dengan semestinya.

“Kan kalau di rumah sakit ada kamar-kamar yang disterilkan sehingga puskesmas harus dihidupkan kembali,” kata Fauzun Nihayah kepada sejumlah Wartawan usai melakukan pertemuan dengan pimpinan lima rumah sakit yang ada di Kota Jayapura yang berlangsung di Ruang Badan Anggaran (Banggar) DPR Papua, Kamis (25/6).

Apalagi kata Politisi Partai NasDem itu, saat ini sudah ada Puskesmas yang sudah bisa merawat inap pasien. Sehingga hal-hal itulah yang harus dioptimalkan kembali. Agar kejadian penolakan pasien di rumah sakit akibat penuhnya tempat tidur bisa teratasi.

“Kan saat ini sudah ada tipe-tipe puskesmas yang bisa melayani 24 jam. Jadi memang Puskesmas harus dioptimalkan kembali untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini,” tekannya.

Artikel Terkait

Puskesmas di Jayapura Buka 24 Jam

Bams

Komisi V Menilai Ada Kelalaian Dalam Penanganan Alh. Hanafi Retob

Tiara

Komisi V Minta, Pemerintah Segera Tunjuk Satu Rumkit Khusus Tangani Pasien Umum

Tiara

Keluarga Korban Hanafi Rettob Datangi Komisi V DPR Papua Minta Dukungan

Tiara

Pemerintah Harus Bantu Anak OAP Yang Ingin Lanjutkan Kuliah

Tiara

Komisi V DPR Papua Minta Uncen Prioritaskan OAP Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru

Tiara

Komisi V DPR Papua Minta Pemberian Bansos Dilakukan Satu Pintu

Tiara

Ketua Komisi V DPR Papua Kesal, Insentif Petugas Medis Ternyata Belum Dibayar

Tiara

Puskesmas Eliluyo Kota Jayapura Ditutup Sementara

Fani