Pasific Pos.com
Papua Selatan

Komisi Pengembangan Sosial Lakukan Berbagai Terobosan

MERAUKE,ARAFURA,- Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Agung Merauke melakukan berbagai program yang menyentuh langsung ke masyarakat. Salah satunya adalah pemberdayaan kampung yang sudah dilakukan sejak Tahun 2014 lalu di Kampung Kemangi Bina Lahan Distrik Tanah Miring.

Selain itu, mengadvokasi masyarakat lokal untuk gerakan tungku api. Yang dimaksud dengan gerakan tungku api adalah menghimbau seluruh masyarakat untuk tidak menjual tanahnya. Serta mengembangkan di bidang ekonomi pendirian kios stasi dan saat ini sudah ada dua kios stasi yaitu di Jagebob 9 dan Agrindo Luar.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya juga membantu masyarakat untuk ternak ayam, sapi dan babi.“Sebagai Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi bagaimana kasih atau injil dapat dirasakan oleh semua masyarakat terutama bagi masyarakat yang lemah, tertindas, miskin dan defabel,” ungkap Ketua Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Agung Merauke, Bruder Yohanes Kedang, MTB di Kampung Sarsan Distrik Tanah Miring, Senin (16/7).

Direncanakan, program kedepan akan membidik beberapa kampung lokal untuk pengembangan di bidang pertanian organik maupun peternakan akan dikembangkan. Saat ini daerah yang baru dijangkau yakni Jagebob, Tanah Miring, Bokem dan Nasem. “Sampai sekarang ini respon dari masyarakat sangat positif. Dengan sayur organik juga menambah pendapatan mereka. Kami juga tidak mengalami kendala dalam memasarkan sayur organik,” pungkasnya.