Pasific Pos.com
Papua Barat

Komisi C Minta Pelimpahan Sampah ke Swasta ada Koordinasi

Manokwari, TP – Anggota DPRD Kabupaten Manokwari Elly Wanma mengaku setuju apabila pengelolaan sampah di Kabupaten Manokwari diberikan ke pihak swasta.

Hanya saja, harapnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari dapat membicarakan hal tersebut terlebih dulu dengan DPRD sebelum menetapkan siapa pihak ketiga yang bisa dipercaya mengelola sampah.

“Sampai saat ini belum ada penjelasan dari Pemda soal rencana pengelolaan sampah yang akan dikelola oleh pihak swasta,” kata Wanma kepada wartawan di kantornya, baru-baru ini.

Menurutnya, jika ingin dipihak ketigakan Pemkab Manokwari, harusnya dapat mengikuti proses yang ada termasuk membicarakannya dengan DPRD setempat.

“DPRD juga harus mengetahui perusahaan yang nantinya akan dijadikan rekanan, sehingga penanganan sampah dapat teratasi dan kita belum mendapatkan laporan tertulis maupun lisan soal jumlah sampah per hari,” kata anggota komisi C ini.

Wanma menambahkan, penunjukan perusahaan yang akan mengelola sampah harus ada dokumen atau persyaratan yang harus dipenuhi pihak ketiga nantinya.

“Perusahaan yang menjadi rekanan harus mempunyai alamat jelas sehingga bisa dilakukan komunikasi,” tandas Wanma. [SDR-R3]