Pasific Pos.com
Papua Tengah

Kita Harus Terpanggil Jaga dan Kelola Potensi SDA Laut

NABIRE – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Drs. Fransiskus Xaverius, M.Si, pada kunjungan kerjanya bersama para Nelayan tangkap yang berada di seputar Smoker Pantai Kelurahan Siriwini, Sabtu (17/2) mengatakan, para nelayan harus merasa terpanggil untuk menjaga dan mengelola hasil laut.

Dimana hasil laut yang ada di wilayah Kabupaten Nabire merupakan Sumber Daya Alam (SDA) yang Tuhan berikan bagi kita manusia secara cuma-cuma, sehingga kita diingatkan untuk tidak merusak laut bersama segala isinya, karena hasil laut akan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi kita masyarakat nelayan

Sebab, tekan FX Mote, dari Misi Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe ‘Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera’ yang dikaitkan dengan visi pengembangan wilayah oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dengan sebutan ‘Nawacita”, maka provinsi masuk dalam program pengembangan wilayah daerah terluar.

Untuk itu, irama pembangunan bidang kelautan dan perikanan harus ditangkap oleh pemerintah daerah demi kesejahteraan masyarakat yang bergerak di bidang nelayan tangkap dan juga nelayan budidaya ikan air tawar yang ada di daerah ini.

Sehingga diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat nelayan tangkap yang ada di wilayah pesisir dan kepulauan agar segera mungkin membuat kelompok nelayan, karena hingga saat ini ada sejumlah paket bantuan nelayan dari pusat yang siap dikirimkan ke daerah-daerah.

Dimana alat–alat tangkap itu berupa kapal-kapal nelayan, mobil box serta kedepannya lagi pemerintah pusat juga mengharapkan setiap kabupaten yang berada di wilayah pesisir dan kepulauan harus ada kampung nelayan dan semua ini diberikan secara cuma–cuma kepada nelayan.

Untuk itu, selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan mendorong gereja dan masjid untuk membangun dunia usaha perikanan untuk mengambil dan mengelola potensi yang ada di laut yang ada di wilayah Provinsi Papua secara umum, akan tetapi di Nabire secara khusus.(erens rumbobiar)