Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Kisah Neheima Wamu Selamatkan Pegawai PLN Saat Rusuh di Wamena

Jayapura – Neheima Wamu merupakan penyelamat dari beberapa pegawai dan gudang PLN yang menjadi target pembakaran oleh massa perusuh yang terjadi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya pada Senin (23/9/2019).

Mahasiswa yang berasal dari Wamena dan sedang melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PLN UP3 Wamena ini, ada di lokasi saat kerusuhan terjadi.

Dihadapan Menteri BUMN, Rini Soemarno dan petinggi PLN, Neheima menceritakan kronologis kejadian hingga ia dapat menyelamatkan nyawa manusia dan juga fasilitas milik negara berupa gudang PLN.

“Saat kejadian, saya melihat bahwa gudang PLN yang berisi beberapa orang pegawai sedang jadi incaran massa yang ingin membakarnya. Tapi saya coba melepas celana dan baju agar menyerupai massa dan menyuruh massa untuk pergi dari tempat itu,” cerita Nehemia.

Mahasiswa yang berasal dari Kampung Minimo, Distrik Maima, Kabupaten Jayawijaya ini, diberikan penghargaan oleh Menteri BUMN.

Nehemia sempat menjadi mahasiswa STT PLN jurusan elektro, namun terhenti karena faktor biaya dan saat ini melanjutkan di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta. Nehemia pun tak menduga jika aksinya mendapat perhatian khusus dari Menteri Rini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada ananda Neheima yang telah menyelamatkan gudang dan pegawai PLN. Saya meminta Dirut PLN agar memberikan beasiswa kepada Neheima untuk meneruskan di STT PLN dan setelah kuliah nanti akan diangkat langsung menjadi pegawai PLN,” kata Menteri Rini saat melakukan kunjungan kerja di Wamena, Kabupaten Jayawijaya bersama Direktur Utama PT PLN. (Zulkifli)