Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Kini, Belanja di Saga Bayarnya Bisa Pakai QRIS

saga QRIS
Kepala BI Perwakilan Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga bersama Pimpinan Bank Mandiri Kanwil Region XII Papua dan GM Saga Grup, Haris Manuputty saat memaparkan penggunaan QRIS.

Jayapura – Salah satu kanal pembayaran non tunai saat ini yang dikembangkan oleh Bank Indonesia (BI) adalah menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS).

Setelah Bank Indonesia melaunching QRIS pada 17 Agustus 2019 dan secara nasional wajib diimplementasikan per 1 Januari 2020, perkembangan QRIS cukup pesat dicapai.

Saat ini sudah terdapat 28 penyelenggara yang sudah berizin dari BI dan masih banyak yang sedang antri mengajukan izin untuk penyelenggaraannya. Per 24 April 2020, merchant yang sudah terdaftar QRIS mencapai 3,3 juta di seluruh provinsi di Indonesia.

Di Provinsi Papua sebanyak 9.568 merchant yang sudah terdaftar QRIS. Manfaat dari penggunaan QRIS itu sendiri sesuai dengan Tagline QRIS Unggul adalah Universal : Inklusif, Gampang : Transaksi dilakukan dengan mudah dan aman dalam satu genggaman, Untung : Efisien, satu QR untuk semua aplikasi dan Langsung : transaksi cepat dan seketika.

Kepala BI Perwakilan Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga memastikan uang tunai yang beredar di masyarakat saat ini telah melalui serangkaian pengecekan dan higienis.

Namun, BI mendorong agar masyarakat untuk lebih sering bertransaksi menggunakan pembayaran nontunai sebagai bentuk mitigasi pencegahan penularan virus Covid-19 uang kian mewabah di Indonesia tak terkecuali di Provinsi Papua.

Salah satu himbauan Pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19 adalah melalui kebijakan physical distancing. Di satu sisi, kata Naek, masyakat juga harus memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari dengan berbelanja langsung di pasar tradisional, supermarket, toko kelontong, dll. Sehingga tanpa disadari physical distancing menjadi sulit dilakukan.

“Berdasarkan latar belakang tersebut, BI berkoordinasi dengan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dalam hal ini Bank Mandiri dan Link Aja serta salah satu ritel terbesar di Provinsi Papua yaitu Saga untuk me-launching salah satu program QRIS Againts Covid-19 (QRIS melawan COVID-19) yaitu berbelanja barang kebutuhan di Saga secara online dengan pembayarannya mengunakan QRIS,” kata Naek, Kamis (30/4/2020).

Adapun cara bertransaksi menggunakan QRIS di Saga sebagai berikut :

1. Chat melalui Whatsapp : konsumen menghubungi operator Saga melalui chatting di aplikasi Whatsapp.

2. Pesan : konsumen melakukan pemesanan produk yang akan dibeli.

3. Konfirmasi : Operator Saga mengkonfirmasi pesanan, total harga (minimal pemesanan Rp100.000 di luar ongkos kirim), beserta nama dan alamat pengiriman dari konsumen.

4. Kirim/Delivery : Kurir dari Saga mengirimkan pesanan ke alamat konsumen.

5. Bayar : Kurir dari Saga akan menunjukkan kode QRIS Saga kepada konsumen untuk di scan dan dilakukan pembayaran. Setelah transaksi berhasil barang akan diberikan oleh kurir kepada konsumen (bukti pembayaran melalui QRIS akan difoto oleh kurir).

Saat ini 8 (delapan) Outlet Saga sudah terkonversi menjadi QRIS yaitu Saga Dok 9, Saga Dok 5, Saga Polimak, Saga Jayapura, Saga Mall Abepura, Saga Youtefa, Saga Sentani 1 dan Saga Sentani 2.

Artikel Terkait

Transaksi Keuangan Digital Tumbuh 30 Persen

Zulkifli

BI Papua Roadshow Sosialisasi Penggunaan QRIS

Zulkifli