Pasific Pos.com
Papua Selatan

Ketua KPU : Setiap Tahapan Harus Sukses

MERAUKE,ARAFURA,- Anggaran yang telah diberikan ke Panitia Pemilihan Distrik (PPD) mengikuti tahapan, dimana ada dua peruntukan yakni satu hak dari penyelenggara berupa honor dan lain-lain serta ‘ongkos’ atau biaya dari tahapan pelaksanana Pemilu. Jadi, anggaran itu dikirim untuk menyukseskan setiap tahapan Pemilu.

Karena itu, setiap besaran anggaran yang telah diberikan sesuai tahapan Pemilu harus benar-benar digunakan untuk tahapan Pemilu. Out putnya adalah setiap tahapan yang dibiayai oleh anggaran yang sudah ada, itu harus tuntas seratus persen. Jangan sampai anggaran sudah habis, tetapi kegiatannya belum selesai.

“Setiap tahapan yang ada, dan anggarannya ada, out putnya adalah kegiatan itu harus sukses seratus persen. Jangan sampai uangnya habis, kegiatannya belum habis,”ungkap Ketua KPU Kabupaten Merauke, Antonius Kaize, saat kegiatan Bimtek di Gedung Kanol Sai, Sabtu (17/2).

Ketua KPU menegaskan, anggaran yang ada harus dimanfaatkan sesuai tahapan, kemudian pekerjaan-pekerjaan yang dibiayai harus tuntas dan laporannya harus disampaikan kepada KPU. “Uang negara harus dipertanggungjawabkan, sesuai perencanaan. Laporannya mengikuti tahapan dan rencana pembiayaan,”tukasnya.

Lanjut kata Ketua KPU, Bimtek tata cara penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS), partisipasi masyarakat dan laporan pertanggungjawaban keuangan badan Adhoc pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Tahun 2018 adalah forum evaluasi dan forum tukar pikiran untuk merencanakan bagaimana tahapan itu berjalan.

Sedangkan terkait pendataan, Ketua KPU menegaskan bahwa proses pendataan itu menjadi titik utama pelaksanaan Pemilu, baik menyangkut partisipasi pemilih, merencanakan jumlah TPS, surat suara dan lain-lain. Karena itu, data pemilih harus akurat dan proses pendatana itu harus berjalan dengan baik.