Pasific Pos.com
Papua Selatan

Ketua DPRD: PPS Perlu Terus Didorong

MERAUKE,ARAFURA,-Ketua DPRD Merauke, Ir.Drs.Benjamin Izaac R.Latumahina mengemukakan bahwa terkait dengan pembentukan Provinsi Papua Selatan (PPS) maka perlu untuk terus didorong  mengingat perjuangan sudah dilakukan cukup lama sejak 2002 silam melalui Tokoh Masyarakat Papua Selatan, Johanes Gluba Gebze. Jadi sudah 17 tahun lebih upaya untuk mewujudkan sebuah provinsi di kawasan selatan Papua.

 “Menurut saya, definisi dari sebuah provinsi itu sangat potensial ketika kita bisa mengatur dan mengurus rumah tangga sendiri sesuai dengan aspirasi masyarakat.

Sehingga kewenanganpun kita miliki dan penggunaan dana juga secara definitif. Semua bisa kita atur sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat di Papua Selatan,”jelasnya kepada wartawan di gedung DPRD Merauke belum lama ini. Pihaknya berharap dengan terealisasinya PPS nanti maka dapat lebih definitif untuk mengurus dan mengatur aspirasi masyarakat, mengejar ketertinggalan serta yang utama adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat dan lain sebagainya.

Dalam waktu dekat ini akan dibentuk pansus untuk PPS dan selanjutnya ada beberapa rekomendasi yang akan disampaikan kepada Pemda untuk membentuk tim, baik secara interen Kabupaten Merauke maupun tim yang merupakan gabungan dari empat kabupaten. Lebih lanjut ia menjelaskan, segala perlengkapan yang dibutuhkan akan segera dituntaskan dan tetap berkoordinasi dengan pihak pusat. Sejumlah proses sudah dilalui sejak awal perjuangan selama kurang lebih 17 tahun ini dan sekarang tinggal melengkapi surat-surat yang dibutuhkan. “Saya pikir hal ini perlu direspon dan diapresiasi, lalu bagaimana masyarakat juga menunjukkan dukungan terhadap PPS secara keseluruhan,”pungkasnya.