Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Ketua DPR Papua Minta, Pemakaman Pasien Covid-19 Harus Manusiawi

Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw,SE

Jayapura, – Ketua DPR Papua, Jhony Banua, SE meminta agar pemakaman pasien covid-19 yang telah meninggal dunia harus dilakukan secara manusiawi. Jangan seperti yang beredar di media sosial.

Jhony Banua Rouw mengatakan, jika dalam pertemuan yang dilakukan pihaknya dengan Tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) pada, Senin (4/5) kemarin, telah membahas bagaimana melaksanakan protab yang benar soal bagaimana pengamanan tenaga medis dan pasien umum agar tidak tertular hingga proses pemakaman pasien covid-19.

Bahkan kata Jhony Banua, dalam pertemuan itu pihak PPI juga telah menjelaskan bahwa untuk proses pemakaman pasien covid-19 tidak perlu dikhawatirkan. Selama tahapan dilakukan dengan baik dan benar.

Artinya lanjut Politisi NasDem yang akrab disapa JBR ini, pemakaman pasien covid-19 yang meninggal dunia dapat dilakukan dengan baik dan benar. Sebab menurut informasi yang kami dapat, semua yang dilakukan sudah baik dan benar sesuai standar WHO.

“Jenazah di bungkus dengan kantong jenazah khusus, terus petinya ditutup lalu disemprotkan cairan disenfektan,” kata Jhony Banua Rouw lewat via ponselnya kepada Pasific Pos, Selasa (5/5).

Menurutnya, jika memang semua proses penguburan pasien covid-19 sudah sesuai standarnya, tidak masalah mengundang tokoh agama untuk mendoakan jenazah sebelum dikuburkan.

“Memang jenazah tidak dibawa ke rumah. Dan peti tidak boleh dibuka lagi. Tapi kalau semua sudah sesuai prosedur, lalu kenapa harus lakukan seperti yang beredar di video,” pungkasnya.

Artikel Terkait

Pemprov Papua Kembali Perpanjang Masa Relaksasi Hingga 31 Juli

Tiara

Sempat Jadi Zona Hijau, Merauke dan Supiori Kini Jadi Zona Merah

Bams

Masih Ada Pedagang Yang Tidak Menggunakan Kartu Tanda Pengenal

Fani

Tiga Kabupaten di Papua “Zero” COVID-19

Bams

Pasien Sembuh Covid-19 di Papua Meningkat, Kasus Meninggal jadi 18 orang

Bams

Pemprov Papua Apresiasi Kinerja Tim Covid-19

Bams

Tak Ingin Ada Pembangunan Pabrik Semen di Wamena, Himaja Temui DPR Papua

Tiara

Kadinkes : Pasien Covid Tanpa Gejala Dapat Isolasi Mandiri di Rumah

Fani

DPPAD Papua lakukan Rapid Test COVID-19 bagi ASN

Bams