Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Ketua DPR Papua Minta, Pemakaman Pasien Covid-19 Harus Manusiawi

Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw,SE

Jayapura, – Ketua DPR Papua, Jhony Banua, SE meminta agar pemakaman pasien covid-19 yang telah meninggal dunia harus dilakukan secara manusiawi. Jangan seperti yang beredar di media sosial.

Jhony Banua Rouw mengatakan, jika dalam pertemuan yang dilakukan pihaknya dengan Tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) pada, Senin (4/5) kemarin, telah membahas bagaimana melaksanakan protab yang benar soal bagaimana pengamanan tenaga medis dan pasien umum agar tidak tertular hingga proses pemakaman pasien covid-19.

Bahkan kata Jhony Banua, dalam pertemuan itu pihak PPI juga telah menjelaskan bahwa untuk proses pemakaman pasien covid-19 tidak perlu dikhawatirkan. Selama tahapan dilakukan dengan baik dan benar.

Artinya lanjut Politisi NasDem yang akrab disapa JBR ini, pemakaman pasien covid-19 yang meninggal dunia dapat dilakukan dengan baik dan benar. Sebab menurut informasi yang kami dapat, semua yang dilakukan sudah baik dan benar sesuai standar WHO.

“Jenazah di bungkus dengan kantong jenazah khusus, terus petinya ditutup lalu disemprotkan cairan disenfektan,” kata Jhony Banua Rouw lewat via ponselnya kepada Pasific Pos, Selasa (5/5).

Menurutnya, jika memang semua proses penguburan pasien covid-19 sudah sesuai standarnya, tidak masalah mengundang tokoh agama untuk mendoakan jenazah sebelum dikuburkan.

“Memang jenazah tidak dibawa ke rumah. Dan peti tidak boleh dibuka lagi. Tapi kalau semua sudah sesuai prosedur, lalu kenapa harus lakukan seperti yang beredar di video,” pungkasnya.

Artikel Terkait

Bupati se Papua Diminta Terbitkan Perbup Disiplin Protokol Kesehatan

Bams

Pegawai Terpapar Corona, Kantor Bappeda Papua Ditutup

Bams

Kemenkes Turunkan Tim, Pantau penanganan Corona di Papua

Bams

PMI Papua Terus Berupaya Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Bams

Polres Waropen Akan Lebih Pertekat Protkes

Afrans

Tindak Lanjuti Inpres No.6, Pemda Waropen Gelar Rapat Internal

Afrans

Alami Defisit, Proyek Besar di Papua Ditunda

Bams

Pemuda Papua Jadi Agen Perubahan Covid-19

Bams

Kantor Pemerintahan di Papua Harus Bebas Dari Covid-19

Bams