Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Ketua DPP Alisa Khadijah Kunjungi Provinsi Papua

SENTANI- Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Muslimah Pengusaha se-Indonesia (Alisa) “Khadijah” Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI), Ina Marlina, S.Sos, M.M., mengunjungi Provinsi Papua.

Kehadiran ketua DPP ini selain akan melantik kepengurusan DPW Alisa “Khadijah” ICMI Provinsi Papua dan tiga kepengurusan DPD Alisa “Khadijah” ICMI yang ada di Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua, sekaligus juga melihat tempat pengolahan krupuk ikan gabus yang merupakan UKM binaan DPD Alisa “Khadijah” ICMI Kabupaten Jayapura, di BTN Puskopad Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (27/2/18) pagi.

Turut hadir dalam penyambutan Ketua Umum DPP Alisa Khadijah di Bandara Sentani, Ketua DPW Alisa Khadijah-ICMI terpilih Provinsi Papua Zubaedah Amir, Ketua DPD Alisa Khadijah-ICMI terpiliha Kabupaten Jayapura Ilmi Yati, para pengurus DPW Alisa Khadijah Papua maupun Kabupaten/Kota Jayapura.

Ina Marlina kepada wartawan usai melihat tempat pengolahan krupuk ikan gabus tersebut, meminta kepada seluruh pengurus Alisa “Khadijah” ICMI yang akan dilantik nanti, baik di tingkat DPW Provinsi Papua maupun di tingkat DPD harus bersatu padu dalam memajukan organisasi. Karena organisasi Alisa Khadijah-ICMI merupakan asosiasi muslimah pengusaha se-Indonesia.

“Kehadiran kami dari DPP Alisa Khadijah-ICMI ke Provinsi Papua ini, untuk melantik kepengurusan DPW Alisa Khadijah-ICMI Papua yang baru. Selain itu, kami juga mengimbau kepada pengurus DPW yang telah dilantik nanti harus langsung melantik pengurus DPD Alisa Khadijah, yakni satu kota dan dua kabupaten. Jadi, kepengurusan yang baru ini harus lebih kuat, anggotanya harus lebih banyak yang aktif dan bersatu padu dalam memajukan organisasi,” ujarnya.

Perempuan muslim harus bangkit, bukan hanya sekedar berkumpul dan mengaji. Tapi, berbuatlah yang terbaik dalam mensejahterakan umat.

Lanjutnya, program kerja dari Alisa Khadijah-ICMI, yakni membangun jaringan usaha dalam dan luar negeri, menggalang kerjasama antar muslimah pengusaha agar bersinergi dalam menyongsong era perdagangan bebas dan globalisasi, serta menumbuh kembangkan etos kerja dan juga etika bisnis yang islami. Sehingga terwujud profesionalisme dalam menghadapi tantangan dunia usaha.

“Kita harus membina para UMKM dan juga inkubator, yang nantinya akan melakukan kerjasama dengan universitas atau perguruan tinggi swasta. Karena kami di pusat sudah bekerjasama dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia (APTiSI) yang diketuai oleh Budi Jatmiko,” ucapnya.

“Sehingga kami bisa melahirkan para inkubator wirausaha, untuk lebih bisa mengangkat sumberdaya alam (SDA) sesuai dengan kemampuan sumberdaya manusia (SDM) yang ada di wilayah Provinsi Papua ini,” jelas Ina Marlina dalam kunjungannya kali ini didampingi Sekretaris DPP Alisa “Khadijah” ICMI.
“Kami ingin adanya pemerataan ekonomi dari Sabang sampai Merauke, maka lewat para pengusaha muslimah ini ekonomi syariah bisa terangkat. Tidak menutup kemungkinan kami dari Alisah Khadijah itu dapat bersahabat dengan pihak lain, yang kita sebut dengan nama Sahabat Binaan Alisa. Kami juga bisa berkolaborasi dengan para pengusaha pria dan bahkan dengan para pengusaha dari kalangan Non Muslim,” ujarnya.

Pihaknya sangat terbuka kepada seluruh UMKM yang ada di Provinsi Papua, untuk menjadi sahabat binaan Alisa Khadijah-ICMI. “Dikarenakan tugas dari wilayah (DPW) itu sama dengan pengurus yang ada di pusat (DPP), bahwa tugasnya adalah membina, memfasilitasi dan memotivasi. Untuk melakukan tugas itu dikerjakan oleh DPD dan di tingkat kecamatan (ranting) atau distrik,” bebernya.

“Jadi, hal itu yang kami harapkan di Papua agar dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah melalui beberapa dinas atau instansi terkait. Supaya para pemimpin daerahnya bisa melihat bahwa gerakan kami ini bukanlah gerakan yang bersifat politik maupun yang bersifat fanatik terhadap suatu agama. Tapi, kebetulan kami terlahir dari organisasi ICMI karena Alisa Khadijah adalah badan otonom ICMI yang dilahirkan oleh pak Habibie pada 21 tahun lalu,” tambah Ina.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua DPD Alisa Khadijah-ICMI terpilih Kabupaten Jayapura, Ilmi Yati mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum DPP yang didampingi Sekretaris DPP. Karena telah mengunjungi salah satu tempat pengolahan krupuk ikan gabus, yang merupakan UMKM binaan dari DPD Alisa Khadijah-ICMI Kabupaten Jayapura.

“Ini merupakan satu penghargaan juga kepada kami di Kabupaten Jayapura. Dimana, binaan UMKM kami yang ada di Kota Sentani bisa dikunjungi oleh ibu Ketua Umum DPP Alisa Khadijah. Sehingga membuat kita semakin semangat setelah mendengar arahan dan juga masukan dari bu Ketua DPP, apa-apa saja yang mesti diperbaiki demi kesuksesan UMKM binaan kami di masa mendatang,” ucap Ilmi Yati yang akan dilantik pada tanggal 1 Maret 2018 nanti.