Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Ketua DPD Gerindra Papua Berikan Bantuan Kepada Pemuda/i HENA Ifar Besar Sentani

HENA sentani
Ketua DPD Gerindra Papua saat foto bersama dengan pemuda-pemudi HENA.

SENTANI – Ketua Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) DPR Papua, Yanni SH beserta rombongan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke tempat pemuda dan pemudi yang tergabung dalam satu wadah yang diberi nama HENA (Tanah), pada Sabtu (19/9), akhir pekan kemarin.

Dalam kunjungannya itu, Yanni juga memberikan bantuan puluhan paket Sembako berupa bahan makanan, masker, nasi kotak dan bantuan dana untuk pembangunan wisata Cagar Alam Syklop Kali Flapou.

Markas besar (Mabes) HENA ini berada di Kampung Aisei Yohu Yomabo, Ifar Besar, Sentani, Kabupaten Jayapura, merupakan wilayah yang rencananya nanti lokasi tersebut akan disulap menjadi tempat wisata, Cagar Alam Syklop Kali Flapou.

Bahkan, rencana pembangunan wisata Cagar Allam Syklop Kali Flapou mendapat dukungan dari anggota Komisi III DPR Papua ini.

“HENA itu adalah lembah atau hutan. Jadi kami adalah pemuda pemudi HENA, yaitu nama kampung disini yang dulunya masih hutan. Dan saat ini kami sedang dalam persiapan untuk membuat tempat wisata Cagar Alam Syklop Kali Flapou. Kami minta maaf jika dalam kunjungan ibu kesini, tempatnya hanya seadanya saja, karena pembuatan tempat wisata ini masih bertahap dan masih dalam proses pengerjaan. Terimakasih Ibu Yanni yang sudah bersedia untuk datang mengunjungi kami disini,”kata Ketua HENA,

Dikatakan, meskipun saat ini masih banyak kekurangan karena selama ini masih berjuang dengan apa adanya dari hasil karya dari pemuda-pemudi yang ada di kampung ini

“Jumlah kami semua ada 106 orang tapi, yang aktif hanya 96 orang, yang lainnya mungkin hari ini ada kesibukan. Ada banyak kegiatan yang pemuda dan pemudi ini sudah lakukan. Dan kami pun baru mau mulai bergerak, jadi belum ada setahun kami buat wadah ini,”jelasnya.

Dengan kehadiran sosok ibu Yanni datang kesini kataJhon, kami banyak berterimakasih karena selama ini kami berjuang, kami bekerja dan tidak ada perhatian dari pemerintah setempat.

“Kami kerjakan semua ini dengan kemampuan apa adanya, dengan kelebihan kami masing-masing tanpa ada bantuan sedikitpun dari Pemerintah Kabupaten Jayapura,”bebernya.

Tapi dengan kehadiran ibu disini, ujar Jhon, kami mengucapkan banyak terimakasih karena sudah meluangkan waktu untuk datang mengunjungi lokasi tempat wisata yang akan kami bangun disini.

“Dengan adanya perhatian dari ibu, pihaknya merasa senang. Kelak jika ibu memebutuhkan kami, kami dari pemuda yang ada disini, kami siap untuk membantu dan mendukung ibu Yanni,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Yanni yang juga sebagai Ketua DPD Gerindra DPR Papua mengatakan, bangga atas keuletan dan semangat yang dimilik oleh para pemuda dan pemudi HENA ini. Niat dari mereka ini harus di dukung, semoga apa yang dirancang hari bisa terealisasi secepatnya sehingga tempat wisata Cagar Alam Syklop Kali Flapou dapat segera difungsikan.

“Saya dikasih tahu sama adik Yeret bahwa ditempat ini ada aktivitas pemuda/pemudi untuk membangun tempat wisata. Tempat ini sangat pangaruh sehingga betu-betul harus diperhatikan. Dan berada di tempat ini rasanya seperti ada kekeluargaan,” ungkap Yanni.

Kata Yanni, dengan berkunjung ke tempat ini dan lakukan tatap muka, berarti saya juga mendengar karena ini merupakan kegiatan Komisi III, yakni hearing dialog.

“Keinginan pemuda/pemudi untuk menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata. Saya pikir ini sesuatu yang luar biasa. Pemuda tidak mau tinggal diam karena mereka selalu menciptakan suasana baru dengan berbagai kreativitasnya untuk membuat tempat-tempat wisata,” tutur Yanni.

Menurut Yanni, ini sesuatu yang sangat luar biasa. Artinya pemuda tidak mau diam, mereka terus berusaha. Dengan kreativitasnya itu bisa mendatangkan suatu penghasilan.

“Ini tidak gampang, jadi kita akan perhatikan untuk bagaimana apa yang bisa kami dukung untuk mengembangkan tempat ini menjadi potensi wisata yang indah sehingga banyak dikunjungi oleh masyarakat,” imbuhnya.

Namun yang terpenting adalah kata Yanni, bagaimana mendatangkan rasa aman bagi orang yang datang. Jadi kalau dia sudah rasa aman berarti dia ada rasa nyaman disitu.

“Tinggal nanti dipersiapkan fasilitas apa yang dibutuhkan oleh pengunjung. Seperti menyediakan Toilet dan lain sebagainya. Kemudian mama-mama di kampung ini membuat makanan tradisional, sehingga semua saling menopang,” ujar Srikandi Partai Gerindra Papua ini.

Pada kesempatan ini, ditengah pandemi covid-19, Yanni juga membahas tentang bahaya wabah covid-19. Oleh karena itu, ia meminta semua harus waspada agar virus ini tidak menyebar kemana-mana.

“Agar terhindar dari virus itu, maka harus selalu menggunakan masker. Tapi kalau tidak ada keperluan mendesak lebih baik tenang dalam rumah. Selain itu jangan lupa selalu mencuci tangan,”pesannya.

Yanni menambahkan, meskipun saat ini kita mulai jenuh dan sudah mulai tidak nyaman menggunakan masker, tapi mau tidak mau harus tetap menggunakan makesker demi menjaga kesehatan kita masing-masing. Karena kalau sudah kena corona yang ada kita sesak nafas dan susah untuk berrnafas.

“Apalagi di semua negara mengalami musibah ini, Namun yang terpenting mulai sekarang kita selalu waspada dan harus jaga jarak sehingga terhindar dari covid-19,” tegas Yanni.

Artikel Terkait

Yanni : Potensi Perempuan Yang Ada di Provinsi Papua Sangat Luar Biaaa

Tiara

Jelang HUT PIRA ke-12, DPD Gerindra Papua Laksanakan Temu Nasional Secara Virtual

Tiara

Prabowo Subianto Resmi Ditetapkan Jadi Ketum, Gerindra Papua : Kini Saatnya Rebut Kejayaan Kembali

Tiara

Ketua Fraksi Gerindra DPR Papua, Kunjungi 84 Paramedis Yang Dikarantina di Hotel Sahid

Tiara

Fraksi Gerindra DPR Papua Serahkan Bantuan Bama Kepada Dua Asrama Mahasiswa

Tiara

Politisi Gerindra Papua Berikan Bantuan Bama di 3 Asrama

Tiara

DPD Gerindra Papua Minta Freeport Bantu Masker Untuk Masyarakat Papua

Tiara

Gerinda Papua Sepakat Dukung Prabowo Kembali Jabat Ketum

Tiara