Pasific Pos.com
Papua Selatan

Ketika Home Industri Untung Sangaji Memikat Hati Kapolres Mappi

Kapolres Mappi saat dilatih oleh Kapolres Untung Sangaji (foto:iis)
‘Langsung Kirim Anggota Untuk Dilatih’

 

MERAUKE,ARAFURA,-Semua memang akan indah pada waktunya, seiring berjalannya waktu akhirnya semakin banyak pihak yang tertarik dengan program home industri yang digagas Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji,M.Hum. Bahkan programnya ini mampu memikat hati sahabatnya yang notabene juga menjabat sebagai Kapolres yang sama dengan dirinya di kawasan selatan Papua yakni Kapolres Mappi, AKBP Cosmos Jeujanan yang sangat antusias sehingga tidak segan-segan meminta untuk ikut dilatih. Oleh sebab itu, Kamis (5/2) lalu sekitar pukul 10.00 WIT, bertempat di tenda home industri Polres Merauke, dirinya beserta Kabag Sumda Res Mappi bersama dua anggota Polres Mappi mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan kancing dari tempurung kelapa dan pembuatan minyak kelapa dengan dilatih langsung oleh yang empunya gagasan, Kapolres Untung Sangaji.

Adapun dua anggota Polres Mappi yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Kapolsubsektor Kawasan Udara, Bripka Putu Sugiarta dan Bamin SPKT III Brigpol Petrus R Wanggai. Kepada ARAFURA News, AKBP Cosmos Jeujanan mengemukakan bahwa pihaknya sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut karena sarat manfaat dimana anggota Polres Mappi diharapkan dapat trampil untuk memproduksi kancing dari tempurung kelapa dan trampil mengolah minyak kelapa. Selanjutnya anggota dapat menjadi tenaga instruktur bagi anggota lainnya serta masyarakat di Kabupaten Mappi. Menurutnya, dengan memproduksi kancing tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat di Kabupaten Mappi.

“Ini juga menjadi sebuah peluang usaha di kalangan anggota maupun masyarakat dengan memanfaatkan kelapa kering yang selama ini masih belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Selain itu dapat menyerap tenaga kerja dari masyarakat lokal,”ujarnya. Di matanya, sosok Untung Sangaji adalah seorang Kapolres dengan kemampuan yang luar biasa karena mampu memberdayakan masyarakat lokal sehingga lebih trampil. Oleh sebab itu selain ikut belajar langsung, ia juga bergerak cepat dengan mengirimkan dua anggota untuk dilatih oleh orang nomor satu di Polres Merauke itu. “Kapolres Untung Sangaji dengan sangat welcome turut memberikan pelatihan singkat kepada saya karena saya juga mau belajar.

Kita benar-benar serius dalam hal ini sehingga langsung membeli peralatan yang dibutuhkan untuk membantu kelancaran pelatihan. Saya salut karena beliau tidak pelit untuk berbagi ilmunya kepada siapa saja, jadi saya apresiasi,”ujar Cosmos. Lebih lanjut ia mengungkapkan, Kapolres Untung Sangaji adalah sosok Kapolres yang dibutuhkan di Papua karena tidak sebatas teori namun beliau langsung mengimplementasikan di lapangan. Untung Sangaji menurutnya tidak terlalu banyak bicara namun lebih fokus dengan bergerak cepat dan action di lapangan, tidak hanya komit untuk menciptakan kamtibmas tetapi juga ikut memikirkan kesejahteraan masyarakat Papua. “Saya bangga kepada beliau dan saya katakan bahwa bapak bagus, lanjutkan apa yang menjadi cita-cita bapak karena kita masih bisa melakukan banyak hal untuk membantu rakyat. Termasuk kerja sama dalam mengembangkan home industri dengan memberdayakan masyarakat asli Papua,”pungkas AKBP Cosmos Jeujanan.

Artikel Terkait

Kapolres : Cegah Makar, Pers Berperan Edukasi Masyarakat

Arafura News

Kapolres Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Arafura News

Kapolres : Warga Toray Masih Butuh Perhatian

Arafura News

Beri Bantuan Makanan, Wujud Kepedulian Kapolres Bagi Warga Lapas

Arafura News

Untung Sangaji Minta Anggotanya Pahami Program Kapolri

Arafura News

Satu Lagi Gebrakan Dari Kapolres Untung Sangaji

Arafura News

Binmas Polres Himbau Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Di Pasar Baru

Arafura News

Bripka Muh.Idrus, Bhabikamtibmas Yang Tak Kenal Lelah

Arafura News

Program Home Industri Kapolres Dari Merauke Ini

Arafura News