Pasific Pos.com
Papua Selatan

Kesigapan Kapolres Merauke Dan Anggota, Amankan Puluhan Peserta RDPU

Kapolres dan anggota saat mengamankan salah satu peserta (foto:ist)

MERAUKE,ARAFURA,-Berkat kesigapan Kapolres Merauke, AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum beserta anggotanya maka puluhan peserta Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU ) beserta barang buktinya berhasil diamankan di tiga lokasi yang berbeda kemarin. Di antaranya penginapan Pankat Kelapa Lima, Hotel Valentine Jalan Parako dan Hotel Grand Mandala di Jalan Raya Mandala. Para peserta RDPU langsung diamankan di aula Mapolres Merauke dikarenakan telah ditemukan beberapa dokumen yang sudah mengarah ke tindakan makar.

Kepada wartawan Kapolres mengemukakan bahwa berkaitan dengan penangkapan para peserta RDPU tersebut, pihak kepolisian sudah melaksanakan operasi intelijen dengan cepat supaya tidak ada korban dari warga masyarakat. Apalagi telah didapati dokumen dokumen yang mengarah pada tindakan makar sehingga langsung diamankan. “Tentunya tidak mungkin jika di suatu negara ada negara lagi. NKRI sudah jelas dan sebelum terjadi gejolak yang lebih besar kita amankan para peserta tersebut. Merauke ini sudah baik, oleh sebab itu mari kita jaga keamanan bersama,”jelasnya.

Sementara itu AKP Micha P.Toding, Sik, MH selaku Plh.Kabag Ops Polres Merauke menambahkan bahwa puluhan peserta yang diamankan oleh Polres Merauke sudah dilakukan pendataan dan pemeriksaan oleh penyidik. Jumlahnya sekitar puluhan orang dan berasal dari Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi, Kabupaten Asmat dan ada yang dari Jayapura. “kita masih terus melakukan pendataan, selain itu mereka juga harus menjalani rapid tes serta pengecekan barang maupun dokumen yang mengarah kepada tindakan makar,” pungkasnya.

Sebelumnya telah digelar apel kesiapan pengamanan RDPU di area Tugu Libra di hari yang sama. Apel tersebut diikuti sebanyak 125 personil gabungan Polres Merauke dengan Polsek terdekat. Wakapolres Merauke, Kompol Y.S.Kadang dalam arahannya menegaskan bahwa pengamanan dalam suatu kegiatan sangat penting untuk mengetahui perkuatan yang digunakan sesuai kebutuhan dan kirka intelijen. Hal senada juga disampaikan oleh Kapolres bahwa jajaran kepolisian gencar melaksanakan patroli, mempertajam intelijen serta bertindak tegas dan terukur.

Artikel Terkait

Senjata Api Anggota Polres Kembali Diperiksa

Arafura News

Putri Indonesia Papua Barat Salut Dengan Program Home Industri Kapolres Merauke

Arafura News

Pokja Zona Integritas Resmi Dibentuk

Arafura News

Gerak Cepat Kapolres Merauke Dan Timsus Rajawali

Arafura News

Terkait Tahanan Makar Yang Wafat, ‘Kapolres Bantah Ada Penyiksaan’

Arafura News

Pererat Silaturahmi Dan Persaudaraan, ‘Kapolres Untung Sangaji Ajak Masyarakat Binaan Dinner Bareng’

Arafura News

Kapolres : Cegah Makar, Pers Berperan Edukasi Masyarakat

Arafura News

Kapolres Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Arafura News

Kapolres : Warga Toray Masih Butuh Perhatian

Arafura News