Pasific Pos.com
Papua Selatan

Kesejahteraan Guru Belum Terjamin

MERAUKE,ARAFURA,- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Felix Liem Gebze mengatakan ada tiga permasalahan pokok pendidikan di Kabupaten Merauke yaitu kesejahteraan guru, monitoring, sarana dan prasarana sebagai sarana pendukung.

Menurutnya, agar pendidikan dapat berjalan dengan baik perlu memperhatikan kesejahteraan guru terutama guru-guru yang berada di daerah pedalaman maupun kampung-kampung. Saat ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dituntut untuk memonitoring para guru tetapi kesejahteraan guru belum dapat dijamin dengan baik.

Sebagai contoh, guru-guru kontrak gajinya dibayarkan setiap enam bulan sekali karena menggunakan dana Otonomi Khusus (Otsus). “Kita menuntut mereka untuk menjalankan tugas dengan baik, tetapi kesejahteraan mereka belum bisa dijamin sepenuhnya,” ujarnya di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, baru-baru ini.

Karena itu, Ia meminta pemerintah daerah untuk menyiapkan dana talangan untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar gaji guru-guru kontrak dapat dibayarkan setiap bulan. “Dana ini kita pinjam, ketika dana Otsus sudah cair maka akan dikembalikan ke kas daerah,”pungkasnya.