Pasific Pos.com
Papua Selatan

Kepengurusan FADI Mulai Libatkan Jenjang SMP

MERAUKE,ARAFURA,-Kabid PP dan PUG Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Merauke, Yosephita Aron, SE mengemukakan bahwa Forum Anak Daerah (FADI) untuk di Kabupaten Merauke sebenarnya sudah resmi terbentuk sejak tahun 2017 lalu namun memasuki periode tahun 2019, para siswa yang direkrut sudah lulus SMA. Pasalnya, pengurusan yang ada hanya berlaku selama 3 tahun dan karena perekrutan saat itu mengambil jenjang SMA sehingga ketika mereka sudah lulus maka harus dibentuk lagi pengurusan yang baru.

“Oleh sebab itu pada periode berikutnya akan direkrut dari siswa SMP dan SMA kelas 1 sehingga masa kepengurusan bisa lebih lama. Tentunya mereka akan diseleksi terlebih dahulu dan yang terpilih adalah anak-anak yang memang memiliki jiwa kepemimpinan dan dapat bekerja dalam sebuah organisasi, baik menjadi ketua, sekretaris dan seksi-seksi lainnya,”jelas Yosephita kepada wartawan di aula Kanol Sai belum lama ini. Lebih lanjut ia menjelaskan, para siswa yang tergabung di dalam FADI akan dilibatkan dalam berbagai event maupun kegiatan penting khususnya untuk mengadvokasi teman-teman mereka di sekolah masing-masing.

Banyak hal yang akan dibahas oleh pengurus FADI dan disharing kepada siswa lainnya di lingkungan sekolah, seperti hak-hak anak serta apa yang harus mereka lakukan sebagai generasi penerus. Selain itu akan dibentuk pula FADI di tingkat distrik sehingga upaya sosialisasi kepada anak-anak lainnya bisa semakin meluas di seluruh wilayah. Diakui untuk kalangan orang dewasa atau pejabat pemerintah masih mengalami keterbatasan sehingga kehadiran FADI akan sangat membantu. Bahkan anak-anak ini juga akan dilibatkan dalam Musrembang atau Muskam sehingga aspirasi mereka dapat tersalurkan. “Jadi di setiap distrik akan ada keterwakilan anak-anak dan sekarang dimulai dari Distrik Merauke dulu,”pungkasnya.