Pasific Pos.com
Papua Barat

Kepala BPBD Minta Taksi Laut Wajib Miliki Alat Keselamatan

Manokwari, TP – Panitia mulai melakukan berbagai persiapan menyambut perayaan HUT Pekabaran Injil (PI) ke-163 di Pulau Mansinam, Kabupaten Manokwari.

Kepala BPBD Provinsi Papua Barat, Derek Ampnir menjelaskan, selaku unsur penunjang, pihaknya bertanggung jawab atas akses keselamatan perairan selama perayaan HUT PI ke-163.

Untuk mewujudkan hal itu, Ampnir mengatakan, pihaknya akan membangun posko pelayanan transportasi laut di beberapa titik yang sudah ditentukan untuk mengawal dan mengawasi penyeberangan dari dan menuju Pulau Mansinam.
Dia menuturkan, pihaknya akan memetakan jalur transportasi untuk kapal dan perahu rakyat atau taksi laut yang akan diakses masyarakat ke Pulau Mansinam.

“Kita sudah sepakati, di luar Pulau Lemon dilalui kapal, sedangkan dalam Teluk Doreri akan dilalui taksi laut,” kata Ampnir kepada Tabura Pos di ruang kerjanya, Rabu (31/1/18).

Menurutnya, ini dilakukan untuk memberikan kesempatan masyarakat memperoleh pendapatan melalui aktivitas taksi laut, sekaligus dalam rangka mengamankan keselamatan alur transportasi laut.

Untuk itu, ia mengimbau seluruh taksi laut wajib memiliki alat keselamatan, seperti life jacket dan sarana penerangan lampu pada malam hari.

“Engine dan seman harus diperhatikan. Perahu masing-masing juga dikontrol jangan sampai ada yang bocor. Yang paling penting muatan tidak lebih dari 10-15 orang,” kata Ampnir.

Ditanya tentang armada khusus yang disediakan untuk masyarakat menuju Pulau Mansinam, dia mengatakan, untuk sementara ada kapal Bahari Express dan kapal Papua Barat, tetapi diperuntukkan untuk tamu VIP.

Dikatakannya, panitia juga sudah menyiapkan kapal emergency respon yang diakomodir Dinas Perhubungan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan guna mengantisipasi kecelakaan laut.

Menurut Ampnir, pihaknya bersama unsur terkait akan melakukan patroli laut di sepanjang perairan Teluk Doreri dan perairan Mansinam. “Kalau armada khusus untuk masyarakat kami belum mendapatkan informasi lebih lanjut dari panitia inti,” tukasnya. [BOM-R1]