Pasific Pos.com
Papua Selatan

Kepala BPBD : Bantuan Sudah Dikirim Ke Waan

MERAUKE,ARAFURA,- Bantuan untuk Distrik Waan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Merauke yang sempat ‘tertahan’ di pelabuhan akibat cuaca buruk, saat ini sudah bergerak ke Waan. Bantuan tersebut diangkut menggunakan kapal dengan jumlah bantuan sebanyak 10 ton lebih.

“Soal (bantuan) Waan sudah ada. Kapal sudah bergeser ke Waan,”terang Kepala BPBD Kabupaten Merauke, Thiasoni Betaubun, ketika dikonfirmasi ARAFURA News di GOR Head Sai, Senin (5/2).

Ia mengakui, bantuan yang dikirim memang tidak langsung menjawab semua yang diinginkan masyarakat, tetapi pemerintah tetap berupaya sedkit demi sedikit mengurangi beban yang dialami oleh masyarakat Waan akibat musibah air pasang. Bantuan bukan saja beras, tetapi juga kopi, gula, air mineral, selimut, tikar dan kebutuhan mendasar lainnya.

Sementara itu, terkait kondisi akstrim yang terjadi setiap tahun, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk bisa menjaga diri masing-masing. Apalagi kondisi alam yang terjadi saat ini juga tidak terlepas dari ulah manusia, seperti penggalian pasir yang menyebabkan abrasi.

“Sedangkan di Waan, memang sudaah dari tahun ke tahun. Nanti kedepan, kita akan persiapan lebih awals ebelum terjadi,”ungkapnya.