Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Kepala BEI Jayapura Optimis Fundamental Ekonomi Masih Membaik

 

JAYAPURA – Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Jayapura, Kresna Aditya Payokwa mengaku optimis fundamental ekonomi masih membaik tahun 2018 dibandingkan sepuluh tahun lalu saat Indonesia mengalami krisis moneter.

Oleh sebab itu pihaknya mengimbau kepada para investor agar tidak panik dengan kondisi pasar yang sedang menurun. Beberapa investor, kata dia, melihat hal itu sebagai peluang untuk mencicil lantaran diskon harga saham diberlakukan untuk saham-saham yang bagus.

“Sektor yang harga sahamnya sedang turun yakni infrastruktur, perbankan dan manufaktur. Khusus saham perbankan, setelah pelemahan nilai tukar rupiah, kebijakan Bank Indonesia menaikkan suku bunga untuk menarik kembali uang yang ada di luar negeri ke Indonesia, imbasnya kepada perusahaan perbankan, “papar Kresna, di Kota Jayapura, Sabtu (23/6/2018).

Sementara itu, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menjelang lebaran lalu menurun hingga 80 persen dipengaruhi nilai tukar rupiah yang melemah.

Pihaknya pun memperkirakan akhir semester pertama tahun 2018 belum mencapai rekor tertinggi sejak awal tahun masih di level 5000-6000 terlebih tahun pemilihan kepala daerah tahun ini.

“Kita belum bisa mencapai rekor tertinggi pertengahan tahun ini, tapi masih ada waktu sampai akhir tahun, kami optimis masih bisa melewati rekor tertinggi sebab hingga Juni ini sudah mencapai indeks 6.600, “paparnya.