Pasific Pos.com
Info Papua

Kemendes Serius Bangun Kampung di Bumi Cenderawasih

JAYAPURA,- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) serius dalam pembangunan, pengembangan, dan pemberdayaan masyarakat kampung di Bumi Cenderawasih.

Bahkan, Kemendes PDTT membentuk Balai Latihan Masyarakat Jayapura untuk membawahi Provinsi Papua dan Papua Barat. Dengan dibentuknya balai tersebut diharapkan menjadi bagian penting dalam menggerakkan dan pengembangan kapasitas masyarakat di kampung-kampung di seluruh tanah Papua.

“Kami menghimbau kepada semua stekholder yang melakukan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat selalu berkordinasi agar terciptanya sinergitas kebijakkan dan program yang akan dilaksanakan di Kampung,” ujar Staf Ahli Gubernur Bidang Kesra dan SDM, Ani Rumbiak ketika membuka kegiatan rapat kordinasi penyelarasan data dan informasi kebutuhan pelatihan masyarakat Balai Lathan Masyarakat Tertinggal Jayapura Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan pelatihan dan Informasi kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi RI di Swisbell Hotel, Senin (26/2/18).

Menurutnya, saat ini ada 7.165 Kampung dimana di Papua sebanyak 5.420 Kampung di 29 Kabupaten/ Kota dan di Papua Barat sebanyak 1.715 Kampung yang menyebar di 12 Kabupaten/ Kota.

Dengan demikian, diharapkan pada rapat koordinasi penyelarasan data dan informasi ini dimana kebutuhan pelatihan masyarakat di Papua dan Papua Barat dapat menghasilkan input yang bermanfaat untuk peningkatan kapasitas masyarakat Kampung di Papua dan Papua Barat,” tambah Ani Rumbiak.

Selain itu, katanya, masih ada asset balai trasmigrsai milik Pemprov Papua yang hingga saat ini proses administrasinya penyerahan hibahnya ke Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi Republik Indonesia belum selesai.

“Tentu saja kalau tidak tersedianya tempat penyelenggaraan pelatihan bagi masyarakat akan sangat berpengaruh menghambatnya jalannya pembangunan dan perberdayaan masyarakat Kampung di Papua dan Papua Barat, untuk itu kita minta agar semua pihak mendukung proses penyerahan hibah tersebut,” tutur Ani.

Hal ini penting sehingga melalui Balai Latihan Masyarakat Jayapura ini nantinya dapat melakukan pelatihan teknis kepada masyarakat Kampung menjadi lebih fokus.