Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Keltan Dikmas Dapat Bantuan Bibit Padi

SENTANI – Kelompok tani (Keltan) Dikmas di Kampung Kameyakha, Distrik Ebungfauw, kembali mendapatkan bantuan dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura berupa bibit padi dan jenis bibit padi yang disalurkan adalah bibit padi IR-64 (padi ladang).

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, S.P., M.M., ketika dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (30/6/18) Pagi.

Bantuan ini diberikan untuk kelompok tani (Keltan) Dikmas di Kampung Kameyakha, Distrik Ebungfauw. Mereka dapat bibit padi ladang untuk lahan seluas lima hektar, dan pada tahun lalu juga mereka dapat bantuan bibit padi seluas lima hektar. Saat ini mereka sudah nikmati hasilnya sejak menanam pada tahun 2017 lalu, maka di tahun 2018 ini mereka meminta penambahan bibit padi karena ingin membuka lahan seluas lima hektar lagi, ungkap Adolof.

Ia melanjutkan, ada sekitar 50 orang anggota yang tergabung dalam kelompok tani (Keltan) Dikmas, Kampung Kameyakha, Distrik Ebungfauw.

Dimana bibit padi yang diserahkan ini,kata Adolof, merupakan program kegiatan dari Dinas TPH Kabupaten Jayapura yang bersumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus) dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lebih jauh lagi dirinya menjelaskan, pihaknya memberikan bantuan bibit padi jenis IR-64 ini diserahkan secara langsung oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, pada Jumat (23/6/2018) lalu di Kampung Kameyakha, Distrik Ebungfauw.

Jadi, kami serahkan bantuan bibit padi ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani, baik pangannya maupun ekonominya. Kalau memang mereka serius dan betul-betul berusaha bercocok tanam atau bertani tanaman pangan, maka pasti mereka akan memperoleh hasilnya, tutur Adolf Yoku.

Ia berharap para petani memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya.