Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Kehadiran Negara Melalui Pejabatnya Mendapat Apresiasi dari Warga Pengungsi

SENTANI – Kehadiran negara di tengah-tengah warga pengungsi kerusuhan Wamena, yang berada ditempat pengungsian Aula Megantara Lanud Silas Papare mendapat apresiasi dan terima kasih dari warga yang notabene adalah korban aksi demo berujung anarkis di Kota Wamena.

Kehadiran negara terlihat melalui kunjungan sejumlah pejabat tinggi negara seperti Menkopolhukam RI Wiranto, Panglima TNI Marsekal.Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Pol.Tito Karnavian ke sejumlah titik pengungsian di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Kecerian dan senyum bangga terpancar dari wajah anak-anak dan orang dewasa di pengungsian tatkala mengetahui dan melihat adanya kunjungan pejabat tinggi negara.

Salah satu warga di pengungsian yang hendak kembali ke Wamena, Joko kepada wartawan di Base Ops Lanud Silas Papare Sentani mengatakan, dirinya mewakili semua pengungsi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada negara yang memberi perhatian kepada warga pengungsi.

“Kami awalnya trauma untuk kembali ke Wamena namun berkat dukungan negara berupa jaminan keamanan maka kami akan kembali untuk menjalani ativitas dan kehidupan kami di sana,” ungkapnya.

Dirinya menerangkan, kunjungan pejabat tinggi negara merupakan bentuk keseriusan dalam memperhatikan keberadaan pihaknya, tetapi lebih daripada itu adalah untuk memastikan situasi kemanan.

”Terima kasih banyak kepada Bapak Presiden RI yang mengutus pejabatnya untuk melihat dan berdiskusi dengan kami, tetapi juga menfasilitasi kami untuk kepulangan ke Wamena,” pungkasnya.

Sementara itu, Menkopolhukam RI Wiranto menjelaskan bahwa kujungan yang dilakukan oleh pihaknya ke titik-titik pengungsian bukan hanya yang berada di Jayapura tetapi diawali dengan kunjungan ke pengungsian di Wamena.

Dikatakan, dalam kunjungan tersebut, dirinya bersama Panglima TNI dan Kapolri memastikan tentang kondisi keamanan di Wamena, setelah itu, pihaknya mengajak warga untuk kembali menjalani kehidupan seperti sediakala.

“Bapa Presiden Kita juga menyampaikan turut prihatin dengan kondisi yang terjadi, sambil berharap supaya semua warga pengungsi dalam keadaan baik dan bersedia kembali sebab keamanan Wamena menjadi perhatian negara,” pungkas Wiranto.