Pasific Pos.com
Papua Tengah

Keaktifan ASN di Kantor Akan Ditertibkan

DEIYAI – Dalam rangka meningkatkan keaktifan bagi para ASN di lingkungan pemerintah kabupaten Deiyai, mulai dari bulan ini akan diperketat dan ditertibkan kehadiran ASN sesuai absen di masing-masing OPD agar dengan harapan para pegawai akan dapat lebih rajin datang ke kantornya untuk dapat menjalankan tugasnya sebagai seorang aparatur negara, abdi negara dan pelayan masyarakat.

Demikian ditegaskan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabupaten Deiyai, Agustinus Pigome, S.Ag.M.Si, melalui sambutannya pada apel gabungan yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Deiyai, Tigido, pada 26 Februari 2018 kemarin.

Bupati juga menegaskan, tidak ada pegawai yang malas-malas ke kantor dan tidak ada kantor dinas yang sepi. Harus ada pegawai yang buka pintu, sibuk jalankan tugasnya di unit kerjanya. Tunjukan sebagai seorang pegawai yang punya loyalitas, kapabilitas terhadap tugasnya sebagai abdi negara, melalui kehadiran dalam menjalankan tugasnya di kantor.

“Mulai hari ini para pimpinan OPD dapat menertibkan buku absennya. Siapa pun pegawai yang tidak hadir, para pimpinan OPD dapat bertanggung jawab melakukan pengawasan terhadap bawahannya dan para pimpinan OPD juga, jangan seenaknya malas datang ke kantor tetapi dapat menjadi teladan yang baik untuk bawahannya,” tegasnya.

Dikatakannya, penertiban terhadap keaktifan pegawai di kantor ini merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kwalitas kerja bagi para pegawai di kantor, karena melalui kehadiran pegawai di kantor secara tidak langsung akan memberi warna tersendiri dalam kinerja pegawai, misalnya jika seorang pegawai, tinggal saja di rumah, mana bisa mengetahui tentang pelaksanaan tugas administrasi, tetapi kalau datang di kantor, pasti yakin akan mengetahui tentang tata pelaksanaan administrasi kantor.

Beda dengan kerja di rumah, tidak ada nilainya, maka lanjut Plt Bupati Deiyai ini, kehadiran para pegawai di kantor sangat penting. Karena melalui kehadiran pegawai, tentu akan muncul warna dalam sebuah pemerintahan yang baik.

Kalau kantornya sepi, tidak ada pegawai yang kerja, maka akan hilang kwalitas tata pemerintahan yang baik dan diketahui pula bahwa kehadiran pegawai di kantor adalah sebuah bagian dari good govermen maka sebagai seorang pegawai punya tanggung jawab untuk bagaimana membawa sebuah pemerintahan menuju kepada sebuah pemerintahan yang baik.

“Kita bertugas di pemerintah kabupaten Deiyai untuk melayani masyarakat, membangun daerah. Kita datang ke kantor untuk melayani masyarakat dan menjalankan tugas pemerintahan. Ada kantor untuk tempat melayani masyarakat. Kita adalah abdi negara dan pelayan masyarakat.

Poin-poin itulah yang telah melekat pada seorang pegawai negeri selama mengemban tugasnya sebagai pegawai negeri, hingga pensiun,” tandasnya. Oleh sebab itu, mengingat pentingnya kehadiran pegawai di kantor, Plt Bupati yang juga sebelumnya menjabat Wakil Bupati Deiyai ini kembali mengharapkan, para pegawai dapat terus aktif menjalankan tugas di kantor.

“Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan datang kerja di kantor dan kalau bukan sekarang kapan lagi kita bisa kerja untuk bangun masyarakat dan daerah, maka semasa kita diberi kesempatan untuk menjabat dan mengabdi, dapat bekerja melayani masyarakat, membangun masyarakat dan daerah khususnya di Deiyai yang kita cintai,” pungkasnya. (henbob)