Pasific Pos.com
Papua Selatan

KBLCM Buka Sekolah Kewirausahaan Berbasis Bahasa Inggris

MERAUKE,ARAFURA,-Fonder & Leader Kitong Bisa Learning Center Merauke (KBLCM), Pdt.Sonnya M.Uniplaita,S.Th,M.Pd mengemukakan bahwa sejak KBLCM dibentuk di Merauke selama kurun waktu 2 bulan terakhir ini pihaknya komit dengan visi membangun generasi muda yang ada di Kabupaten Merauke untuk lebih berkembang lagi. Sebagai anak Merauke, ia berharap anak-anak muda di daerah ini dapat mengisi waktu luangnya dengan hal-hal yang lebih bermanfaat terlebih lagi mereka juga mempunyai potensi. Namun kreatifitas itu tidak tumbuh dengan sendirinya melainkan harus diasah dan inilah yang coba pihaknya bangun.

Untuk tahap awal dimulai dengan memberikan pendidikan dasar dengan sasaran anak-anak yang masih berusia dini. Dalam hal ini KBLCM membidik sejumlah anak yang bermukim di kawasan Gudang Arang dimana telah dibuka sekolah kewirausahaan berbasis Bahasa Inggris. Anak-anak yang dididik mulai dari yang belum bersekolah hingga yang sudah duduk di bangku SMA. “Untuk saat ini siswa kita yang SMA baru satu orang, 18 anak duduk dibangku SMP dan sisanya masih kategori anak-anak kecil. Selama mendidik kita coba mengubah minset mereka agar kreatifitas dan inovasi yang ada bisa benar-benar digali,”terangnya kepada ARAFURA News di Rumah Kopi D’Waroeng, Sabtu (7/7).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pihaknya memilih anak-anak Gudang Arang karena dinilai dominan anak asli Papua. Sebab menurutnya, jika kita ingin membangun Papua maka harus dimulai dengan membangun generasi mudanya terlebih dahulu. Terlebih lagi wajah Papua 10 atau 20 tahun ke depan akan bermula dari anak-anak ini nantinya. Jangan sampai waktu mereka lebih banyak bermain dan tidak bersekolah bahkan kesulitan memperoleh akses pendidikan. Di Gudang Arang, anak yang sama sekali tidak bisa membaca dan tahu dasar-dasar Bahasa Inggris dididik secara maksimal sehingga bisa mahir. Setelah itu dilanjutkan dengan dasar-dasar kewirausahaan. Hingga saat ini sudah ada 18 orang yang terlibat dalam ikut mensukseskan KLBCM yang berasal dari berbagai kalangan. Ada yang merupakan karyawan kantor, pekerja swasta, pekerja sosial dan mahasiswa. “Namun rata-rata memang anak muda dan sangat kreatif,”pungkas Sonnya.