Pasific Pos.com
Papua Selatan

Kasdam : Prajurit Harus Dekat Dengan Masyarakat

MERAUKE,ARAFURA,- Kasdam III/Siliwangi, Brigjen TNI Nurcahyanto, mengingatkan kepada prajuritnya yang saat ini tengah melaksanakan operasi pengamanan perbatasan RI-PNG di Kabupaten Merauke supaya tetap dekat dengan masyarakat. Selain itu, seoptimal mungkin harus bisa juga memberdayakan masyarakat khususnya mereka yang ada di wilayah tugas operasi.

“(Prajurit) harus tetap waspada, (dan) dekat dengan masyarakat. Masyarakat harus diberdayakan,”ungkap Kasdam kepada wartawan di Swiss-Belhotel Merauke, Rabu (4/7).

Dijelaskan, salah satu Batalyon dari Kodam III/Siliwangi yakni Yonif 315/Garuda telah melaksanakan tugasnya di perbatasan RI-PNG selama tujuh bulan dan rencananya akan kembali ke home basenya awal September 29018 mendatang. Sesuai laporan yang disampaikan Dansatgas tugas dilaksanakan dengan baik.

“Kita akan melihat semuanya. Laporan Dansatgas operasi telah dilaksanakan dengan baik. Ada juga tugas pembinaan teritorial wilayah seperti pendidikan, kesehatan, bedah rumah dan kegiatan kemasyarakat lainnya,”terang Kasdam.

Ditambahkan Kasdam, lewat kunjungan yang dilakukan ini pihaknya akan melihat kondisi para prajurit, apa yang telah dikerjakan dan kendala-kendala apa yang ada di lapangan. Selanjutnya, itu akan menjadi evaluai bagi Kodam III/Siliwangi dalam menyiapkan satuan selanjutnya jika mendapat tugas untuk melaksanakan tugas operasi.

“Saya mewakili Pangdam Siliwangi untuk melaksanakan program dari komando atas, yaitu pengendalian pengawasan operasi. Salah satu Batalyon Kodam Siliwangi Yonif 315 melaksanakan operasi pengamanan perbatasan RI-PNG,”tukasnya.

Sementara itu, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 315/Garuda dengan kekuatan 450 personil merupakan salah satu batalyon pengamanan perbatasan di sektor selatan yang memiliki tanggungjawab mulai dari Makandi hingga Kondo di Kabupaten Merauke.