Pasific Pos.com
Info Papua

Kasad TPN-PB Wilayah Tabi Kembali ke Pangkuan NKRI

Alex Ruyaweri Yessi Makabori didampingi Kanit Pidana Umum Satuan Reserse Kriminal Polres Jayapura Ipda Dhanel Zeth Rumpaidus, SH., MH, sedang mencium bendera pusaka merah putih sebagai tanda kembali ke pangkuan NKRI.

SENTANI – Kepala Staf Angkatan Darat Tentara Nasional Pembebasan Papua Barat (TPN-PB)  wilayah Tabi, Alex Ruyaweri Yessi Makabori kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Proses Kembalinya Alex Ruyaweri ke pangkuan NKRI berlangsung di Aula Obhe Reay May Polres Jayapura, Rabu (23/03/2022), ditandai dengan pernyataan sikap, penyerahan barang-barang diantaranya dokumen-dokumen TPN-PB, peluru hampa 20 butir, baju loreng berpangkat jenderal bintang 3 dan mencium bendera pusaka merah putih.

Barang-barang tersebut diterima langsung Kanit Pidana Umum Satuan Reserse Kriminal Polres Jayapura Ipda Dhanel Zeth Rumpaidus, SH., MH yang disambut sukacita oleh keluarga Alex Ruyaweri saat bersama-sama di aula Mapolres Jayapura.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH melalui Kasat Reskrim Iptu Muhammad Rizka, S.TK., S.IK saat ditemui mengatakan, Alex Ruyaweri Yessi Makabori (70) memiliki jabatan sebagai Kepala staf angkatan darat TPN-PB  wilayah tabi dengan pangkat jenderal bintang 3 yang berperan aktif dalam organisasinya.

“Ini dilakukan berdasarkan Surat Perintah tanggal 14 Februari 2022 dan surat pernyataan dari Erik Makabori yang merupakan anak kandungnya. Ia meminta kami Polres Jayapura untuk membina orang tuanya,” kata Iptu Muhammad Rizka.

Ia melanjutkan, Alex Ruyaweri Yessi Makabori (70) telah menyatakan dengan tegas bahwa ia kembali kepangkuan NKRI dan bersedia memberikan semua dokumen dan barang bukti yang di terimanya dari TPN-PB.

“Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Papua dan Kapolres Jayapura karena telah membinanya dan menyadarkannya untuk kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” beber Kasat Reskrim mengingat ucapan Alex Ruyaweri.

Selain itu Erik Makabori yang merupakan anak kandungnya mengucapkan terima kasih kepada pihak Polres jayapura yang telah membina bapaknya, dan berjanji akan menjaga bapaknya untuk tidak kembali melakukan hal tersebut.

Artikel Terkait

Kapolres Jayapura Hadiri Buka Puasa Bersama KKSS Sekaligus Pantau Pelaksanaan Vaksin

Jems

Polres Jayapura Amankan Pengedar Paket Ganja Saat Lakukan Patroli Samapta

Jems

Kapolres Jayapura Pimpin Serah Terima Jabatan 8 Perwira

Jems

8 Kali Lakukan Aksi Begal Payudara, R Terancam 9 Tahun Bui

Jems

Respon Cepat, Polisi Datangi TKP Pohon Tumbang Dan Longsor

Jems

Dipengaruhi Miras, Pemuda di Unurum Guay Bunuh Rekan Kerjanya

Jems

Jumat Peduli, Polsek Sentani Barat Kembali Hadir di Tengah Warga Sediakan Makanan Gratis

Jems

Tekan Angka Kriminalitas, Polisi Gencar Lakukan Razia

Jems

Polres Jayapura Amankan 2 Pelaku Curanmor Beserta Barang Bukti

Jems