Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Karena Otsus, Orang Papua Jadi Tuan Dirumahnya Sendiri

Orang Papua Jadi Tuan
salah satu tokoh masyarakat yang juga sebagai pimpinan panti asuhan Baliem Yalimo Jayapura, Soeleman Eselo

JAYAPURA – Bergulirnya otsus selama puluhan tahun di Papua, cukup membawa dampak pisitif bagi masyarakat, salah satunya pengembangan sumber daya manusia.

Hal itu diungkapkan salah satu tokoh masyarakat yang juga sebagai pimpinan panti asuhan Baliem Yalimo Jayapura, Soeleman Eselo, ketika di wawancarai, Sabtu (5/9) siang.

Menurutnya bantuan otsus yang diberikan selama in cukup dirasakan oleh semua pihak salah satunya panti suhan yang dipimpinnya saat ini.

“Karena ada otsus, anak didik saya dulu daapat merasakan semua jenjang pendidikan hingga saat ini sudah menjadi salah satu pejabat di Kabupaten Yalimo, itu karena otsus,” tegasnya.

Terkait pro kontra otsus yang saat ini menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat, Kata Eselo pihaknya secara pribadi dan mewakili masyarakat menilai otsus sudah cukup baik dan membawa banak peribahan di Papua, oleh karena itu otsus harus berlanjut demi keberlangsungan SDM Papua.

“Otsus harus di teruskan, kalau tidak ada otsus apa yang bisa diharapkan lagi. Otsus itu ada sehingga ada daya saing khususnya dibidang SDM saat ini,” pintanya.

Sementara perbicangan yang menggangap otsus gagal, menurutnya salah kipra, selama otsus bejalan 20 tahun banyak anak papua yang berhasil dan menjadi pemimpin di Negerinya sendiri.

“Dulu Orang Papua sebagai tamu di rumahnya dan menjadi penonton, tapi sekara coba lihat banyak perubahan. Yang jadi catatan penting yakni otsus harus di revisi agar lebih baik lagi kedepannya,” tegasnya.

Artikel Terkait

Kadepa : Hadapi Rakyat Papua Tidak Perlu Pakai Cara Kekerasan dan Arogan

Tiara

Masyarakat Adat Dukung Keberlanjutan Otsus

Ridwan

Pembubaran Aksi Tolak Otsus Jilid II Diwarnai Pelemparan Batu Ke Aparat

Ridwan

Ini Ungkapan Soal Otsus Dari Perbatasan Papua

Ridwan

Lanjutkan Program Otsus untuk Kemajuan dan Kesejahteraan

Ridwan

Legislator Papua Minta Massa Tolak Otsus yang Ditahan di Nabire Dibebaskan

Tiara

Yans Mallo : Otsus Perlu Dilanjutkan dan Dievaluasi agar tepat sasaran

Jems

Ini Suara Masyarakat Perbatasan Tentang Otsus

Jems

Banyak Dukungan Otsus Berlanjut Untuk Kesejahteraan

Jems