Pasific Pos.com
Kota Jayapura

KAPP Rencana Kunker ke Kabupaten/Kota

JAYAPURA,- Pengurus Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) akan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten/Kota se Provinsi Papua.

Ketua Umum KAPP Pusat Merry Yoweni mengatakan, setelah pengurus KAPP dilantik, pihaknya akan melakukan kunjungan kerja ke kabupaten/kota.

“Kunker kita akan mulai dari Kota Jayapura, besok ada pertemuan dengan Walikota Jayapura bapak Benhur Tomi Mano,” ujar Mery kepada wartawan di Jayapura, Senin (19/2/2018).

Kemudian, pertemuan selanjutnya dengan Bupati Kabupaten Jayapura dan Bupati Kabupaten Keerom. “kami ingin melakukan pertemuan dengan bupati dan walikota di 48 kabupaten/kota di Papua dan Papua Barat, tapi kami lebih fokus di Papua,” katanya.

Menurutnya, tujuan kunker selain sosialisasi sistem kerja dari KAPP, dan Pergub Nomor 45 tahun 2017 tentang Kamar Adat pengusaha Papua.

Pergub tersebut tindak lanjut dari Peraturan Daerah Khusus (perdasus) Nomor 18 tentang Ekonomi Berbasis Kerakyatan.

Dengan adanya Pergub ini, Merry berharap Dana Otomomi Khusus (Otsus) 80 persen yang turun ke kabupaten/kota, presentasi untuk ekonomi kerakyatana itu bisa ada bagian untuk pengusaha anak asli Papua demi meningkatkan kemampuan profesi pengusahanya.

“Kami mengharapkan dengan adanya pergub ekonomi berbasis kerakyatan ini pengusaha asli Papua dapat memperoleh kesempatan yang sama dalam membangun daerahnya melalui bidang ekonomi,” harapnya.